Sukses

Tim Pilot Perempuan India Jalani Rute Penerbangan Terpanjang di Dunia

Tim pilot yang semuanya merupakan perempuan ini diharapkan dapat mengukir sejarah baru dengan terbang di atas Kutub Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Tim pilot maskapai Air India yang semuanya perempuan diharapkan dapat mengukir sejarah dengan terbang di atas Kutub Utara. Hal ini dilakukan dalam misi tim pilot perempuan menempuh rute penerbangan terpanjang di dunia.

Dilansir dari laman India Times, Selasa (12/1/2021), penerbangan yang dipimpin Kapten Zoya Agarwal itu berangkat dari San Francisco menuju Bengaluru. Penerbangan ini mengambil rute di atas Kutub Utara dan menempuh jarak 16 ribu kilometer (km).

"Kebanyakan orang di dunia tak akan melihat Kutub Utara, bahkan semata petanya selama hidup mereka. Saya merasa benar-benar merasa terhormat dan rendah hati atas kepercayaan yang diberikan Kementerian Penerbangan Sipil dan maskapai penerbangan kami," kata Kapten Agarwal pada ANI.

"Ini adalah kesempatan emas untuk memimpin Boeing 777 SFO-BLR perdana, salah satu penerbangan terpanjang di dunia melintasi Kutub Utara," lanjutnya.

Kapten Agarwal menyampaikan, dirinya sangat bangga memiliki tim perempuan berpengalaman. Mereka terdiri atas Kapten Thanmai Papagari, Akanksha Sonawane, dan Shivani Manhas.

Momen ini adalah kali pertama tim pilot yang semuanya perempuan terbang di atas Kutub Utara dan menciptakan sejarah. "Ini sungguh mimpi yang jadi kenyataan bagi setiap pilot profesional," kata sang kapten.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prestasi Sang Kapten

Ini bukan pencapaian pertama Kapten Agarwal. Sebelumnya, ia juga jadi perempuan termuda yang pernah menerbangkan Boeing-777 pada 2013.

Seorang pejabat Air India menyebut bahwa perjalanannya sangat sulit. Perusahaan penerbangan hanya mengirimkan pilot terbaik dan paling berpengalaman untuk terbang di atas Kutub Utara.

"Kali ini Air India memberi tanggung jawab pada seorang kapten perempuan untuk perjalanan dari San Francisco ke Bengaluru melalui jalur kutub," kata pejabat itu.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.