Sukses

Arab Saudi Siapkan 300 Paket Wisata dan Safari di Alam Liar

Paket tersebut disediakan oleh lebih dari 200 agen pariwisata di Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Baru saja membuka lagi rute penerbangan internasional dengan syarat ketat, Arab Saudi sudah menyiapkan paket wisata. Tak hanya mengandalkan wisata ibadah dan religi, mereka menawarkan lebih dari 300 paket wisata dan perjalanan safari di alam liar, dalam kampanye liburan musim dingin di negara itu.

Kampanye dengan slogan "Musim Dingin Ada di Sekitar Anda” ini berlanjut sampai akhir Maret 2021. Program ini sempat diluncurkan jelang akhir tahun lalu, tapi kemudian dihentikan sementara setelah pemerintah Arab Saudi melarang penerbangan internasional pada Desember lalu.

Paket wisata yang ditawarkan bisa dilihat melalui laman dan aplikasi Visit Saudi. Paket tersebut disediakan oleh lebih dari 200 agen pariwisata. Tim Safari Al-Ahsa dengan 100 anggota, mempromosikan pariwisata di bagian Timur dengan berfokus pada pengalaman di gurun, menjelajahi warisan dan monumen kawasan, dan berbagi atraksi alam serta iklimnya yang beragam.

Ketua tim Safari Al-Ahsa, Yasser Al-Sari mengatakan, salah satu destinasi yang menarik adalah Danau Al-Asfar. Berlokasi di jantung gurun dan panjangnya sekitar 25 kilometer.

"Danau itu dikelilingi area hijau yang luas, dengan pohon palem yang terlihat dari kejauhan. Kawasan ini menarik banyak spesies burung yang bermigrasi di musim dingin dan musim panas dan tentunya menarik banyak wisatawan lokal dan luar negeri," terang Yasser, seperti dilansir dari Arab News, 6 Januari 2021.

Menyusul peluncuran kampanye musim dingin Arab Saudi, tim Safari Al-Ahsa menerima sekitar lima permintaan setiap minggu untuk mengatur perjalanan safari liar. Waktu perjalanan berkisar dari eksplorasi setengah hari sampai berkemah semalam. Menurut tim Al-Sari, cuaca yang lebih dingin membuat pengalaman lebih khas.

Wisatawan bisa menikmati kunjungan ke situs alam dan arkeologi, termasuk Danau Al-Asfar, Gurun Al-Fanajeel, Jabal Al-Arba'a, Al- Dataran Tinggi Bassal, dan Empty Quarter. Harga paket wisatanya bervariasi sesuai dengan layanan yang disediakan, termasuk transportasi, kamp gurun, menunggang kuda dan unta, panahan, ski pasir, paralayang, dan ekspedisi fotografi kendaraan roda empat ke bukit pasir.

Operator perjalanan Safari berkomitmen untuk melaksanakan semua tindakan pencegahan yang diadopsi oleh Kementerian Pariwisata berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan otoritas terkait di Arab Saudi, untuk memastikan keselamatan pekerja dan peserta, dan untuk menekan penyebaran penyakit virus corona Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaringan Kota Kreatif

Al-Ahsa secara luas dianggap punya lahan terhijau dan paling subur di Provinsi Timur Arab Saudi, sekaligus rumah bagi situs arkeologi dan sejarah terkemuka. Pada 2015, kota ini menjadi kota Teluk pertama yang dimasukkan dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO di bidang kerajinan dan kesenian rakyat.

Pencapaian kedua adalah penunjukan UNESCO atas Al-Ahsa sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2018, menjadi situs Saudi yang kelima. Al-Ahsa juga terpilih sebagai Ibukota Pariwisata Arab tahun 2019 oleh Dewan Kementerian Pariwisata Arab.

Banyak wilayah Arab Saudi kaya akan lingkungan alam yang beragam yang menawarkan perjalanan safari yang unik kepada wisatawan selama musim dingin. Diluncurkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi di lebih dari 17 tujuan di Kerajaan, kampanye musim dingin Saudi adalah upaya untuk menjelaskan daerah-daerah yang menarik dijelajahi wisatawan selama liburan pertengahan tahun Hijriah.

Arab Saudi sudah membuka kembali penerbangan internasional pada 3 Januari 2021. Selain udara, akses masuk melalui darat dan laut ke Saudi juga sudah dibuka. Namun, ada sejumlah syarat ketat yang harus dipatuhi. Wisatawan yang datang dari Inggris, Afrika Selatan, dan negara lain yang menjadi tempat virus corona varian baru terdeteksi, wajib menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

3 dari 3 halaman

Infografis Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.