Sukses

Kapan Pangeran Harry dan Meghan Markle Pulang ke Inggris?

Minggu ini menandai setahun pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini menandai hampir setahun Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan rencana mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Sejak Maret 2020, keluarga Sussex itu menetap di Amerika Serikat, dimulai dari California kemudian pindah ke Montecito, Santa Barbara.

Saat mengumumkan keputusan mundur tersebut, Meghan dan Harry menyampaikan bahwa mereka akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara. Namun, pandemi Covid-19 merusak segala rencana yang telah disusun. Lebih dari setahun, pasangan itu bersama anak mereka, Archie, belum kembali menginjakkan kaki di kampung halaman Harry.

Jadi, kapan pasangan itu akan kembali ke Frogmore Cottage, kediaman keduanya di Inggris? Berdasarkan laporan pada musim gugur tahun lalu, keduanya direncanakan akan pulang ke Inggris pada Desember 2020, sebelum waktu persidangan atas kasus pelanggaran privasi yang dituntut Meghan Markle kepada Associated Newspapers Ltd yang akan berlangsung pada 11 Januari 2021.

Namun, jadwal persidangan itu dibatalkan dan ditunda hingga musim gugur 2021 setelah pengacara Meghan memberikan 'alasan rahasia' agar penundaan berlangsung. Pengadilan Tinggi akan mendengarkan aplikasi yang diajukan tim kuasa hukum Meghan untuk bisa menarik kesimpulan selama pemeriksaan jarak jauh berlangsung pada bulan ini.

Bila proses tersebut berhasil, kasus hukum tersebut akan bisa diselesaikan tanpa melalui persidangan. Lagipula, kunjungan Meghan dan Harry juga tak mungkin dilakukan mengingat Inggris kini memberlakukan lockdown ketiga akibat meningkatnya kasus positif Covid-19.

Berdasarkan peraturan pemerintah, mereka yang datang dari AS, harus mengkarantina mandiri selama sepuluh hari sejak datang ke negara itu. Sebaliknya, sebelum terbang, para pelancong dari Inggris Raya wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 yang diambil tidak lebih dari tiga hari sebelum terbang ke US.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Status Imigrasi Pangeran Harry

Sejumlah momen sepanjang 2021 juga bisa dimanfaatkan sebagai alasan kepulangan Meghan dan Harry ke Inggris. Salah satunya saat penyelenggaraan Piala Dunia Liga Rugbi yang akan berlangsung antara Oktober--November 2021.

Sementara, agenda keluarga yang menarik juga akan terjadi di tahun ini, yakni peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II yang ke-95 pada April, dan ulang tahun Pangeran Philips yang ke-100 pada Juni 2021.

Hingga kini, status imigrasi Harry di AS belum diketahui pasti meski The Times melaporkan pada April 2020 bahwa ia memutuskan tidak mengajukan kartu hijau atau kewarganegaraan AS dalam waktu dekat. Tidak diketahui pula apakah visa yang digunakan Harry untuk memasuki AS, tetapi kemungkinan besar adalah visa diplomatik atau visa khusus lainnya.

Baik Harry dan Meghan kini disibukkan dengan beragam agenda di AS. Mereka telah menandatangani kesepakatan dengan Netflix, meluncurkan laman yayasan amal Archewell, dan memproduksi podcast sendiri, Archewell Audio.

 

3 dari 3 halaman

Mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.