Sukses

Istana Buckingham Tiadakan Pesta Kebun Tahun Ini Akibat Lockdown

Biasanya, pesta dilihat sebaga kesempatan bagi bangsawan untuk bertemu dan menyapa orang-orang di seluruh Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta kebun musim panas tahunan jadi salah satu tradisi Istana Buckingham yang paling dihormati. Namun, untuk tahun ini pesta kebun tidak akan diselenggarakan akibat pandemi corona Covid-19.

"Keputusan telah diambil bahwa pesta kebun tidak akan berlangsung pada 2021," kata seorang juru bicara Kerajaan Inggris, seperti dikutip dari laman Harpersbazaar, Kamis (7/1/2021).

Dalam keadaan normal, tiga pesta terjadi di Istana Buckingham setiap Mei, diadakan ratu untuk menghormati dan mengakui layanan publik. Keputusan itu diumumkan sehari setelah Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memberlakukan penguncian nasional di Inggris.

Pemberlakuan ini akan berlangsung hingga setidaknya pertengahan Februari 2021. Hal itu dilakukan karena varian Covid-19 baru yang lebih mudah ditularkan saat ini dan menyebar di seluruh Inggris.

Karena tenggat waktu semakin dekat untuk beberapa vendor, maka tak mungkin bergerak cepat sambil memertimbangkan tindakan pencegahan Covid-19. Pihak kontraktor yang biasa membantu pesta kebun pun telah diberitahu tentang pembatalan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesta Kebun

Pesta kebun telah menghiasi istana sejak 1860-an yang dihadiri oleh hampir 30.000 orang berkumpul untuk merayakan bersama dengan masyarakat Inggris yang lain. Acara tahunan tersebut juga memberikan kesempatan langka kepada anggota masyarakat untuk berbaur bersama anggota keluarga kerajaan.

Perayaan terakhir ratu, berlangsung pada 2019, termasuk anggota keluarga kerajaan Pangeran Harry dan sepupunya Putri Eugenie dan Putri Beatrice. Duke dan Duchess of Cambridge, serta Duchess Meghan Markle, juga merupakan peserta perayaan kerajaan sebelumnya.

Pesta kebun ini memiliki kode berpakaian, pria diminta untuk mengenakan pakaian pagi atau pakaian santai, dan wanita biasanya mengenakan gaun dengan topi. Prosesi dimulai pada pukul 3 sore, saat itu anggota keluarga kerajaan masuk,  sementara band militer memainkan lagu kebangsaan.

3 dari 3 halaman

Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.