Sukses

Hotel Mewah di India Jadi Cluster Covid-19 Setelah 20 Karyawannya Positif

Sejumlah karyawan hotel di Chennai India dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hotel mewah di Chennai, India, Leela Palace, jadi cluster Covid-19. Hal itu terjadi akibat 20 karyawannya dinyatakan positif.

Mereka positif Covid-19 setelah menjalani tes saturasi dari semua profesional industri perhotelan yang diperintahkan pada Sabtu, 2 Januari 2021. Setidaknya 85 karyawan hotel mewah lain terdeteksi dengan virus corona, dilansir dari laman NDTV, Rabu (6/1/2021).

Sebanyak 20 karyawan di hotel berbintang Chennai, Leela Palace, telah dites positif COVID-19, otoritas kesehatan mengatakan pada Senin, 4 Januari 2021. Leela Palace adalah hotel mewah kedua di Chennai yang muncul sebagai cluster Covid-19 setelah ITC Grand Chola.

Pada Sabtu, 2 Januari 2021, setidaknya 85 staf hotel ITC, anggota keluarga, dan tetangga mereka dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru. Padahal pejabat hotel mengatakan mereka mengikuti semua prosedur operasi standar (SOP) yang diatur oleh negara.

Selain protokol kebersihan mereka sendiri, otoritas kesehatan Tamil Nadu memerintahkan tes saturasi yang meliputi semua anggota pendiri dan di seluruh hotel di kota. Di Leela Palace, 232 anggota karyawan dites dan hasilnya sekitar 10 persen menunjukkan mereka mengidap corona Covid-19.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cluster Ketiga

Menurut pejabat setempat, total 6.416 orang dipekerjakan secara langsung di hotel-hotel di seluruh Chennai. Dari mereka, hampir 68 persen, atau 4.392 anggota staf dites virus corona.

Secara keseluruhan 125 orang, hampir 3 persen, karyawan hotel dinyatakan positif, dan 491 hasil lainnya sedang menunggu. Semua pertemuan bisnis, acara di hotel kota diawasi dengan ketat.

"Hotel-hotel di Chennai secara berkala disaring dan dibuat peka. Perusahaan Chennai diminta untuk menjalani tes saturasi untuk semua penghuni hotel," kata Sekretaris Kesehatan Tamil Nadu J Radhakrishnan sebelumnya.

Ini adalah kejadian ketiga dari wabah cluster Covid-19 profil tinggi di Chennai dalam beberapa bulan terakhir. Yang pertama terdeteksi di IIT-Madras pada pertengahan Desember tahun lalu. Lebih dari 100 siswa terkena Covid-19 dalam waktu seminggu dan kampus ditutup sementara.

3 dari 3 halaman

Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.