Sukses

Unggah Kompilasi Video Liburan Keliling Dunia di 2020, Influencer Ceko Dicibir Tak Peka

Influencer ini mengungkap bahwa dirinya hanya menghindari Amerika Serikat sebagai destinasi liburan pada 2020. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Kepekaan sosial tak ditunjukkan seorang influencer bernama Barbora Ondrackova. Lewat unggahan TikTok-nya, beberapa waktu lalu, ia memperlihatkan video liburan sepanjang 2020.

Sayangnya, di semua momen, Ondrackova terlihat tak pakai masker di tempat umum. Padahal dalam periode itu, bahkan hingga sekarang, dunia tengah dilanda pandemi COVID-19. Memakai masker pun jadi salah satu tanggung jawab untuk menjaga, baik ke diri sendiri maupun orang lain, bahkan diwajibkan di tak sedikit negara.

Dalam klip yang dimaksud, si pelancong membagikan perjalanan, termasuk ke restoran mewah dan pengalaman bermalam di sejumlah hotel. Beberapa agenda liburan ini di antaranya ski trip, serta perjalanan ke Maladewa, Paris, dan Dubai.

Budapest, Austria, dan Italia juga masuk dalam dafter liburan mewah Ondrackova pada 2020. Dalam video tersebut, ia tak hanya terlihat tanpa masker di salah satu lokasi, tapi secara teratur di restoran dan tempat umum lain.

Pengguna media sosial mengecamnya karena memamerkan video perjalanan, sementara banyak orang terpaksa menjalani karantina akibat melonjaknya kasus virus corona baru di seluruh dunia.

"Ini sangat menghina para perawat, dokter, dan semua orang yang mencoba bertahan dari pandemi. Tapi tidak, Anda terus menari saja," tulis salah satu pengguna TikTok seperti dilaporkan The Sun, Selasa (5/1/2021).

"Ini bukan bentuk kebencian, tapi kurangnya rasa menghargai sesama manusia di kondisi sangat sulit," tambah yang lain. "Saya tak melihat satu pun masker di sini, atau saya saja yang terlewat?" komentar yang lain tentang liburan si influencer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghindari Amerika Serikat

Di antara banyak kritik yang dilayangkan, ada juga pengguna menganggap Ondrackova semata mencoba untuk menjalani hidup. Beberapa bahkan mengatakan bahwa mereka akan melakukan hal yang sama jika punya uang untuk bepergian seperti si influencer.

Ondrackova sendiri belum menanggapi reaksi beragam ini di media sosialnya. Ia hanya sempat membalas beberapa pengguna, mengatakan bahwa ia menghindari Amerika Serikat karena ingin menjauh dari "daerah berisiko."

Ini bukanlah satu-satunya video TikTok yang menuai kontoversi. Baru-baru ini, seorang pengguna TikTok juga dilarang terbang oleh sebuah maskapai setelah mengunggah video "retasan" tentang cara mendapat bagasi gratis saat bepergian.

3 dari 3 halaman

Aturan Sepulang Liburan Natal dan Tahun Baru di Luar Negeri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.