Sukses

Sederet Destinasi Wisata yang Dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno di Kawasan Danau Toba

Sandiaga Uno mengunjungi sejumlah tempat di sekitar Danau Toba.

Liputan6.com, Jakarta - Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kembali membagikan aktivitasnya. Kali ini ia membagikan kunjungan perdananya ke Danau Toba, Sumatera Utara.

"Kunjungan perdana saya ke salah satu dari 5 destinasi prioritas yaitu Danau Toba khususnya ke Geosite Hutaginjang. Kita terus bergerak cepat, gerak bersama dan gaspol demi menggairahkan kembali pariwisata di destinasi-destinasi super prioritas," tulis Sandiaga Uno, akhir Desember 2020.

Sandi menjelaskan, kedatangan Danau disambut dengan cuaca yang cerah. Ia berharap hal itu jadi petanda bahwa pariwisata Danau Toba bisa segera bangkit dan membuka kembali peluang lapangan kerja untuk usaha-usaha mikro dan kecil di sekitar tempat wisatanya.

Berdasarkan foto yang diunggah, Sandiaga tampak menyelimuti tubuhnya dengan ulos. Dari kejauhan tampak Danau Toba yang indah dengan airnya yang biru.

Sandiaga juga sempat berdialog dengan pelaku UMKM yang ada di sekitar Danau Toba. Mereka mengeluhkan kurangnya penghasilan akibat jarangnya wisatawan yang hadir selama pandemi covid-19.

"Inilah pentingnya penguatan penerapan protokol K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan keberlanjutan Lingkungan) di setiap destinasi wisata, agar kepercayaan masyarakat untuk berwisata meningkat," tutur Sandi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Geosite Huta Ginjang

Geosite Huta Ginjang berada di tepian Danau Toba. Huta bermakna kampung atau desa, sedangkan Ginjang berarti bukit atau tinggi.

Dari ketinggian, orang dapat menikmati keindahan panorama Danau Toba. Tak kalah menarik, dari atas pengunjung juga bisa melihat Pulau Samosir.

3 dari 5 halaman

Kaldera Toba

Sementara itu, Sandiaga Uno juga mengunggah sebuah video saat berada di Kaldera Toba. Ia memuji keindahan pemandangan alam tempat itu yang tak kalah dengan spot-spot wisata lainnya di dunia.

"Saya sedang berada di Kaldera Toba yang pada bulan Juli lalu ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark karena memiliki kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati," kata Sandi.

 

4 dari 5 halaman

Pantai Lumban Bulbul

Sandiaga Uno juga menyambangi pantai Lumban Bulbul. Kata Sandi, pantai Lumban Bulbul lokasinya berada di tepian Danau Toba yang berpasir putih dengan panorama alam yang sangat indah.

"Atraksi-atraksi wisatanya menarik dan ditunjang oleh penginapan (homestay) yang juga bersih dan nyaman. Kawasan ini cocok sekali jika dijadikan tempat untuk ajang-ajang olahraga yang dipadu dengan pariwisata yang mampu membuka banyak peluang usaha dan lapangan kerja," tegas Sandi.

Kota Wisata Parapat

Dalam kunjungan itu, Sandiaga didampingi Bupati Simalungun, JR Saragih dan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu. Mereka meninjau pembangunan dan penataan kota wisata Parapat, di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

"Semoga dalam satu tahun mendatang ini progresnya semakin cepat, sehingga bisa segera dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung ke Danau Toba. Saya ingin banyak peluang usaha yang bisa dimanfaat penduduk sekitar untuk membuka luas lapangan kerja," kata Sandiaga.

5 dari 5 halaman

Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.