Sukses

Museum Madame Tussauds India Bakal Tutup Permanen

Museum Madame Tussauds sendiri telah sementara tutup sejak Maret 2020 hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sulit untuk mempertemukan selebritas dan tokoh terkenal, yang berasal dari ragam bidang seperti olahraga, hiburan, politik, dan musik pada waktu dan tempat yang sama. Namun, Museum Madame Tussauds di Delhi, India, telah mewujudkannya dengan membuat replika lilin mereka.

Beberapa di antaranya replika tokoh populer, seperti Salman Khan, Sachin Tendulkar, PM Narendra Modi, Madhubala, Leonardo di Caprio, dan tokoh-tokoh besar lain melengkapi koleksi di sana. Kehadiran patung lilin itu yang membuat banyak orang penasaran, dilansir dari Times of India, Jumat (1/1/2021).

Madame Tussauds telah dibuka pada 30 November 2017 di Connaught Place, New Delhi. Suasana pembukaan yang diselenggarakan perusahaan induk Merlin Entertainments itu berlangsung meriah.

Namun, museum ditutup pada Maret 2020 karena pandemi Covid-19 dan penguncian diberlakukan di seluruh India. Sejak saat itu, museum tak pernah dibuka lagi untuk pengunjung. Sayangnya, Madame Tussauds dilaporkan ditutup secara permanen karena berbagai alasan.

General Manager dan Director Merlin Entertainments India, Anshul Jain, mengonfirmasi bahwa Madame Tussauds akan tutup permanen di Connaught Place. Vikram Bakshi, pemilik properti, mengatakan bahwa mendirikan Madame Tussauds membutuhkan banyak usaha dan investasi. Ia mengatakan banyak kerugian yang akan ditanggung Delhi begitu museum ditutup.

Bakshi juga berkomentar bahwa semua upaya dilakukan untuk menghindari penutupan museum lilin di Delhi, seperti membebaskan sewa untuk periode lockdown dan mengurangi biaya sewa. Namun, tidak ada yang benar-benar efektif, sehingga memaksa pemilik mengosongkan lokasi Connaught Place baru-baru ini. Rencananya, patung lilin tokoh terkenal itu dikirim ke lokasi lain Madame Tussauds di seluruh dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Museum Madame Tussauds

Selain di Delhi, India, Museum Madame Tussauds berkembang jadi destinasi wisata dunia. Beberapa di antaranya berlokasi di London, Singapura, Bangkok, Turki, Amsterdam, Las Vegas, Hong Kong, Shanghai, Hollywood, dan Washington.

Museum Madame Tussauds pertama kali didirikan di London oleh Marie Tussaud. Ia merupakan murid dari seorang dokter yang juga piawai membuat patung.

Patung pertama yang dibuat adalah Voltaire. Kemudian, Tussaud juga membuat patung Jean Jacques Rousseau dan Benjamin Franklin. Dari Prancis, ia kemudian pindah ke London, Inggris.

3 dari 3 halaman

Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.