Sukses

Ragam Jenis Barbekyu untuk Sajian di Malam Tahun Baru

Pergantian tahun identik dengan menyantap sajian barbekyu bersama keluarga, termasuk di Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dipungkiri pergantian tahun identik dengan membuat barbekyu untuk disantap bersama keluarga tercinta. Bila Anda masih belum memiliki rencana masak di Tahun Baru 2021, barbekyu dapat menjadi pilihan dengan penyuguhan yang berbeda.

Biasanya, ada beberapa bahan makanan yang kerap dipilih untuk diolah sebagai barbekyu. Terlepas dari itu, sederet wilayah di seantero jagat ternyata punya ciri khas dalam mengolah barbekyu.

Ada beberapa versi barbekyu yang mungkin bisa menjadi Anda coba di rumah bersama keluarga. Lantas, apa saja jenis barbekyu tersebut? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Barbekyu ala Amerika Serikat

Anda dapat memilih jenis barbekyu Amerika Serikat yang mengacu pada teknik memasak daging di luar ruangan. Ada tiga bahan untuk memasak barbekyu yang sangat penting.

Mulai dari daging dan kayu yang digunakan hingga komponen penggunaan saus atau bumbu yang bervariasi antar-daerah. Daging barbekyu yang bisa digunakan mulai dari daging sapi hingga babi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Barbekyu ala Korea Selatan

Masakan Korea sangat populer dengan memanggang daging. Biasanya, daging yang digunakan bisa sapi, ayam, atau babi. Penyajian ini disiapkan di pemanggangan di meja.

Jika Anda pecinta drama Korea, tentu tidak asing dengan restoran Korea yang menyediakan kompor portabel di meja untuk memanggang sajian. Biasanya, sajian ini disantap bersama makanan pendamping lain, termasuk kimchi.

3 dari 5 halaman

3. Barbekyu ala Indonesia

Tanah Air sangat kaya akan kulinernya. Hal ini pula yang dapat Anda manfaatkan sebagai pilihan untuk menyantap barbekyu di Tahun Baru.

Sebut saja sajian satai yang bisa Anda kreasikan dengan potongan kecil daging ayam, sapi, atau kambing. Juga dapat ditambahkan potongan sayur sesuai selera dan ditambah lumuran kecap manis atau bumbu kacang.

Atau jika ada persiapan lebih, Anda dan keluarga dapat membuat ragam jenis satai Nusantara. Sebut saja seperti satai lilit khas Bali yang terbuat dari daging yang telah dihaluskan lalu dicampur bumbu khas Pulau Dewata, dibungkus dengan dililitkan pada tusukan bambu atau batang serai.

4 dari 5 halaman

4. Barbekyu ala Jepang

Jepang juga memiliki segudang jenis sajian, termasuk yakiniku atau daging panggang. Kini, gaya memasak daging dengan potongan yang mudah untuk dimakan. Biasanya sajian ini menggunakan daging sapi. Namun ada pula sayuran di atas api arang kayu.

5 dari 5 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.