Sukses

Cerita Haru Kakek Penjual Es Lilin, Tetap Semangat Meski Hanya Dapat Rp12 Ribu Sehari

Hanya 6 sampai 10 potong es lilin yang terjual, selebihnya sang kakek menggratiskan es tersebut, kepada anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Cerita haru sekaligus inspiratif datang dari penjual es lilin bernama Mbah Jali dari Jember, Jawa Timur. Meski sudah berusia 78 tahun, kakek ini masih semangat untuk berjualan keliling menaiki sepeda dengan kondisinya yang tak lagi prima.

Didiagnosa penyakit langka karena memiliki leher yang miring, Sang kakek tak patah semangat demi menghidupi istrinya yang lumpuh total akibat mengalami kecelakaan. Sang istri jadi penyemangat utama Mbah Jali untuk terus bekerja.

Kisah Mbah Jali, seperti yang diunggah oleh akun Instagram @kitabisacom pada 18 Desember 2020, membuat banyak warganet merasa terenyuh melihat semangatnya. Mbah Jali menjajakan dagangannya berkeliling Kota Jember. Ia menjual es lilin untuk anak-anak yang ia temui di jalan.

Namun dalam sehari, hanya enam sampai 10 potong es lilin yang terjual. Selebihnya, Mbah Jali justru menggratiskan es lilin tersebut, kepada anak-anak yang ditemuinya di jalan.

Alasan Mbah Jali menggratiskan karena merasa senang ketika melihat anak-anak tersenyum lebar setelah mendapatkan es lilin darinya. Penghasilannya per hari pun hanya sekitar Rp12 ribu saja, namun ia sudah merasa bersyukur.

Begitu pulang ke rumah, sang istri sudah menunggu kedatangannya. Istri Mbah Jali mengalami lumpuh total akibat kecelakaan. Meski begitu, Mbah Jali selalu setia merawat istrinya walaupun mereka hidup serba kekurangan. Kakek Jali sempat mengatakan kalau ia memiliki mimpi.

Ia memimpikan bisa tetap sehat dan memiliki hidup yang layak dengan sang istri. Kisah sang kakek dan istrinya ini menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah disaksikan lebih dari 60 ribu kali dan mengundang banyak dukungan serta komentar positif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyisihkan Rezeki

"Masya Allah kakek. Yaa Allah, semoga Allah mendengar doa kakek. Aaamin," tulis seorang warganet. "Cara donasi ke Mbah Jali gimana? Sekalian biasanya keliling kisaran mana ya, kali aja ketemu biar bisa borong esnya," timpal warganet lainnya.

"Bapaknya selalu keliling area kampus uin Jember, boleh banget temen2 sisihkan rejekinya buat beli juga dagangan beliau," komentar warganet lainnya.

Beberapa waktu lalu juga ada seorang kakek berusia 99 tahun bernama Mbah Boro, yang tinggal di Kota Blitar, Jawa Timur. Demi menyambung hidupnya, Mbah Boro berjualan es keliling sambil ditemani sepeda angin. Meski di usia yang hampir satu abad, Mbah Boro tak patah semangat.

Alih-alih meminta belas kasihan orang lain, ia memilih berjualan es keliling dari kota ke kota.Semangatnya mengundang simpati para warga. Di usianya yang senja, semangat juang Mbah Boro masih membara. Pantang baginya merepotkan anak, apalagi meminta belas kasihan dari sesama.  (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

6 Cara Ini Bisa Cegah & Obati Pasien Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.