Sukses

6 Perayaan Tahun Baru 2021 di Berbagai Negara

Meski tengah dilanda pandemi Covid-19, berbagai negara memiliki bentuk perayaan Tahun Baru 2021. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai negara di seluruh penjuru dunia memiliki cara tersendiri untuk menyambut Tahun Baru 2021. Namun, ragam perayaan dan pesta ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena kini dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Bahkan, beberapa negara telah menutup tempat wisata dan meniadakan pertunjukkan menuju Tahun Baru 2021.

Langkah ini diambil untuk menekan transmisi Covid-19. Di sisi lain, belakangan ini dikabarkan pula munculnya varian virus baru yang melanda negara Inggris dan disebut lebih cepat menular. Meski bgitu, ada sebagian negara yang tetap ingin menggelar pesta malam pergantian Tahun Baru 2021.

Sejumlah persiapan kegiatan telah diumumkan, atraksi dan antusias publik juga menjadi kunci negara tersebut akan menciptakan suasana yang berkesan di tengah keterbatasan pandemi ini. Simak perayaan itu seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu, 30 Desember 2020.

1. New York, Amerika Serikat

Hitungan mundur ke 2021 tidak akan lengkap tanpa penurunan bola besar di Times Square, Kota New York. Meski kerumunan yang berjarak secara sosial akan lebih sedikit tahun ini, Waterford tetap memegang tradisi yang sudah dijalaninya sampai saat ini.

"Selama lebih dari dua puluh tahun, Pesta Malam Tahun Baru Waterford Crystal Times Square telah menjadi simbol Malam Tahun Baru bagi orang-orang di seluruh dunia," kata juru bicara perusahaan Times Square, seperti yang dikutip dari People, Rabu, 30 Desember 2020.

Bagian dari tradisi tahunan termasuk mengganti 192 dari 2.688 segitiga Crystal Waterford pada Bola, dengan desain dari koleksi 'Hadiah Terbesar' tahunan di Kota New York. Menurut situs resmi Times Square, Waterford Crystal merupakan bola geodesik, dengan diameter 12 kaki, dan berat 11.875 pon.

2. Perth, Australia

Banyak orang di seluruh dunia akan dibatasi pada pembatasan COVID-19 yang ketat tahun ini. Namun, warga Australia Barat akan cukup beruntung untuk memiliki Malam Tahun Baru yang normal.

Seperti yang dilansir dari ABC News, pada Rabu, 30 Desember 2020, Kota Perth akan menjadi tuan rumah di pertunjukan jalanan dan hiburan, yang akan menampilkan pertunjukan seperti pemain sirkus, pengamen, wahana karnaval, dan pasar di Northbridge pada pukul 6 sore hingga tengah malam.

Museum Boola Bardip juga akan menampilkan beberapa lokakarya anak-anak, tarian dan pertunjukan Aborigin. Selain itu, Perth Cultural Centre akan menerangi dengan lampu-lampu proyeksi warna-warni yang indah di Tahun Baru 2021. Selain itu, mereka sebagai pengunjung diwajibkan untuk mendaftar melalui aplikasi secara detail, menjaga jarak 1,5 meter dan menggunakan pembersih tangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. London, Inggris

Wali Kota London, Sadiq Khan, sempat mengumumkan jika selebrasi tahun baru 2021 bisa disaksikan secara langsung. Namun, putusan tersebut segera diubah untuk mengurangi penyebaran virus.Lalu, ia kembali menyatakan, pihaknya akan menampilkan citra kota tersebut dengan suasana yang menarik dan memikat.

Warga dapat menikmati kegembiraan tersebut melalui televisi dan media sosial.

"Kami tidak boleh kehilangan kesempatan itu karena malam Tahun Baru hal yang sangat besar bagi seluruh dunia untuk melihat betapa indahnya kota kami. Terutama selama resesi, kami perlu terus berinvestasi di kota kami dan kepada orang-orang yang datang ke London," katanya.

4. Tokyo, Jepang

Meningkatnya kasus COVID-19 di sekitar Tokyo, kereta dan berbagai hiburan sepanjang malam akan dibatalkan pada malam Tahun Baru. Selain itu, beberapa pesta hitung mundur di kota besar, konser, pertemuan musiman lainnya juga telah dibatalkan, dan pesta Persimpangan Scramble Shibuya juga ditiadakan.

Tahun baru 2021 ini akan sangat berbeda bagi masyarakat Tokyo, kehilangan momen merayakan musim semi yang akan datang. Di mana musim semi sangat ditunggu oleh masyarakat Jepang, sebagai wujud dewa tidak marah dengan mulai berkembangnya bunga-bunga sakura, daun, dan suhu.

3 dari 4 halaman

5. Singapura

Tampilan andalan negara pulau Asia di bawah bayang-bayang resor Marina Bay tidak akan terjadi tahun ini. Namun warga Singapura masih dapat melihatnya di 11 lokasi lain yang lebih kecil.

 Pertunjukan kembang api People's Association (PA) akan berlangsung di area Dewan Perumahan (asosiasi perumahan). Juga akan disiarkan langsung di halaman Facebook komunitas.

6. Auckland, Selandia Baru

Auckland tengah bersiap menyambut 2021 dengan acara yang megah. Dewan ATEED (Pariwisata Auckland, Acara dan Pembangunan Ekonomi) telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan SkyCity, Vector Lights, dan Heart of the City untuk mengadakan sesuatu yang baru.

Seperti yang diketahui Auckland adalah kota besar pertama di dunia yang akan merayakan tahun baru dengan kemenangan tersendiri. Kota ini telah mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan cepat. Bangunan Sky Tower direncanakan akan menghiasi detik-detik malam di akhir Desember. Kemudian semua itu akan dipadukan dengan pesta kembang api yang lebih luar biasa.

(Melia Setiawati)

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.