Sukses

Desainer dan Bapak Fashion Branding Pierre Cardin Meninggal di Usia 98 Tahun

Pada 1970 hingga 1980-an, produk-produk desainer legendaris Pierre Cardin dijual di lebih dari 100 ribu gerai di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia fesyen kembali ditinggal salah satu desainer terbaik sepanjang masa yaitu Pierre Cardin. Perancang mode Prancis Pierre Cardin, meninggal dunia pada Selasa (29/12/2020) waktu setempat di sebuah rumah sakit di Neully, dekat Paris. Ia mengembuskan napas terakhir di usia 98 tahun.

Hal ini diumumkan oleh Academy of Fine Arts Prancis melalui akun Twitternya. "Laurent Petitgirard dan seluruh anggota dari Academy of Fine Arts sangat sedih harus mengumumkan kepergian Pierre Cardin. Sang desainer terpilih sebagai member Academy of Fine Arts pada 12 Februari 1992," tulis Academy of Fine Arts pada akun Twitternya.

Selain dikenal sebagai seorang desainer, semasa hidupnya Cardin juga dikenal sebagai seorang pebisnis sukses dalam dunia fesyen. Ia mengantongi banyak merek dengan namanya, mulai dari produk fashion seperti baju untuk perempuan hingga pria, aksesori seperti jam tangan, sampai produk home living seperti seprai.

Dilansir dari laman The New York Times, Selasa (29/12/2020), Cardin meraih masa kejayaannya pada 1970 hingga 1980-an. Saat itu, produk-produknya dijual di lebih dari 100 ribu gerai Pierre Cardin di seluruh dunia.

Karena itu ia pernah dijuluki bapak fashion branding. Sejumlah pihak menuduh Cardin telah merusak nilai merek yang dia bangun, di samping menghancurkan gagasan tentang kemewahan secara umum.

Namun pria kelahiran Italia itu sepertinya tidak terpengaruh oleh kritik semacam itu. Berbekal ilmu bisnis yang mumpuni dan sebagai pengusaha cerdas, Pierre Cardin juga memiliki sejumlah properti terbaik di Paris.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bekerja untuk Penjahit

Salah satu yang cukup populer adalah restoran bergaya Belle Epoque dengan nuansa khas Eropa, Maxim atau Maxim's de Paris, yang dibelinya pada 1981 silam.

Lahir di dekat Venesia pada 2 Juli 1922, dari orang tua berkewarganegaraan Prancis keturunan Italia, Cardin dibesarkan di Kota Saint Etienne yang tidak terlalu glamor.  Dia awalnya bekerja untuk seorang penjahit di dekat wilayah Vichy pada usia 17 tahun.

Dia pernah bercita-cita menjadi seorang aktor. Pierre Cardin pun sempat bekerja sebagai model dan penari profesional. Sampai berita ini ditulis belum diketahui penyebab kematian Pierre Cardin yang tidak pernah menikah sepanjang hidupnya ini.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.