Sukses

Hal-Hal Menarik yang Perlu Diketahui tentang Buah Jeruk

Buah jeruk termasuk ke dalam jenis super fruit, karena buah ini memang sangat kaya akan vitamin C.

Liputan6.com, Jakarta -  Di musim pancaroba, kekebalan tubuh seakan sangat diuji. Apabila Anda tidak memiliki kekebalan tubuh yang bagus, maka resiko terserang penyakit menjadi lebih besar. Untuk menjaga sistem imunitas tubuh di tengah musim pancaroba, Anda sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin. Salah satunya adalah jeruk.

Jeruk merupakan jenis buah citrus yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut memang sangatlah cocok dengan habitat dari tanaman jeruk sendiri yang tumbuh sangat subur di dataran dengan iklim tropis. Berikut adalah berbagai ulasan seputar buah jeruk yang sangat menarik untuk diketahui.

Manfaat Buah Jeruk

Buah jeruk bisa dibilang termasuk ke dalam jenis super fruit. Pasalnya, buah ini memang sangat kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah ulasan berbagai manfaat yang bisa anda peroleh dengan mengonsumsi buah jeruk:

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C di dalam buah jeruk akan berubah menjadi zat antioksidan saat memasuki tubuh Anda. Zat antioksidan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan. Dengan rajin mengonsumsi buah jeruk, tubuh Anda akan menjadi lebih kuat dalam memerangi virus dan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi buah jeruk sangatlah direkomendasikan untuk membantu menjaga agar Anda tetap sehat di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu.

2. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Akibat Radikal Bebas

Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk membantu memerangi zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Zat-zat radikal bebas tersebut bisa masuk ke dalam tubuh lewat paparan radiasi ultraviolet matahari, polusi udara, asap rokok, maupun dari zat-zat kimia yang terdapat di dalam makanan yang Anda konsumsi.

Paparan radikal bebas yang terus-menerus tersebut tentunya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh Anda. Diabetes mellitus, sakit jantung, dan kanker merupakan beberapa dari penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas di dalam tubuh. Namun, dengan mengonsumsi buah jeruk, resiko penyakit tersebut dapat diminimalisir. Antioksidan merupakan zat yang sangat ampuh untuk menghancurkan zat-zat radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan DNA.

3. Menjaga Perkembangan Janin

Mengonsumsi buah jeruk juga sangat disarankan bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan. Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting untuk perkembangan janin. Untuk mengawal perkembangan janin agar berlangsung maksimal, tubuh Anda memerlukan asupan vitamin C yang sangat melimpah.

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam vitamin C tersebut dan diperkuat dengan kandungan asam folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Resiko terjadinya gangguan syaraf seperti spina bifida dan anensefali pun dapat dihindari.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pernahkah Anda mengalami masalah konstipasi? Konstipasi memang sangatlah mengganggu, karena mengakibatkan Anda tidak dapat buang air dengan lancar. Penyebab umum terjadinya konstipasi umumnya diakibatkan oleh kurangnya konsumsi air dan kurangnya asupan serat. Apabila Anda tergolong sering mengalami masalah konstipasi, sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah jeruk.

Tidak hanya kaya akan vitamin C dan asam folat, buah jeruk juga memiliki kandungan serat yang sangat melimpah. Kandungan air yang terkandung di dalam buah jeruk juga membantu menghidrasi tubuh. Konsumsi buah jeruk secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan Anda.

5. Baik untuk Diet

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, ada baiknya untuk mengonsumsi buah jeruk secara rutin. Kandungan serat yang dimiliki buah jeruk tidak hanya membantu mencegah terjadinya konstipasi dan masalah yang berhubungan dengan pencernaan. Kandungan serat di dalam buah jeruk dapat membantu membuat Anda lebih awet merasa kenyang. Ini tentunya dapat membantu Anda dalam mengontrol nafsu makan.

6. Mencerahkan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya bagus untuk menjaga sistem pencernaan, mengonsumsi buah jeruk juga bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk dapat membantu melindungi kulit dari resiko paparan sinar Ultraviolet. Vitamin C tersebut juga membantu menutrisi kulit dan membuatnya terlihat berseri-seri. Manfaat buah jeruk satu ini tentunya menjadi yang paling dicari-cari, terutama oleh kaum Hawa.

7. Membantu Merawat dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Selain mengandung antioksidan dan asam folat, buah jeruk juga mengandung zat kalium yang sangat bagus untuk merawat kesehatan syaraf otak. Konsumsi buah jeruk, baik dalam bentuk mengonsumsinya begitu saja maupun dalam bentuk jus terbukti mampu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak.

Jurnal yang diterbitkan oleh American Academy of Neurology mencantumkan bahwa laki-laki yang mengonsumsi jus jeruk secara rutin setiap hari mengalami penurunan resiko terjadinya penyakit pikun sebesar 47%.

Ketahui Tips Memilih Buah Jeruk yang Berkualitas Berikut

Manfaat yang diberikan oleh buah jeruk sangatlah bermacam-macam. Tentunya, itu saja sudah menjadi motivasi bagi Anda untuk mengonsumsi buah jeruk secara rutin. Untuk mendapatkan seluruh kebaikan dari buah jeruk, Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih jeruk dengan kualitas terbaik berikut ini:

1. Perhatikan Tekstur dari Kulit Jeruk

Salah satu cara tercepat untuk memilih buah jeruk yang segar adalah lewat tekstur kulitnya. Perhatikan tekstur kulit jeruk saat Anda memilah-milah. Jeruk yang sudah matang umumnya memiliki kulit yang halus dan mulus. Warna dari jeruk tersebut juga biasanya sangat cerah dan menarik perhatian.

Sedangkan, apabila jeruk tersebut masih memiliki tekstur kulit yang tebal dan kasar umumnya menandakan bahwa buah tersebut masih mentah dan belum layak dikonsumsi. Jeruk dengan kulit yang tebal juga biasanya memiliki kandungan air yang sedikit dengan rasa yang kurang manis.

Sedangkan, apabila tekstur dari kulit jeruk tersebut menunjukkan tanda-tanda keriput, berarti jeruk tersebut sudah melampau masa kematangannya dan hampir membusuk. Jeruk dengan tanda-tanda tekstur kulit tersebut umumnya mengalami perubahan rasa menjadi kurang segar.

2. Pilih Jeruk yang Mengkilap

Cara lain memilih jeruk yang pantas dikonsumsi adalah melihatnya di bawah sinar matahari atau sinar lampu. Apabila buah jeruk tersebut menunjukkan kulit yang mengkilap, maka hal tersebut menjadi pertanda bahwa buah jeruk tersebut dalam kondisi yang baik dan matang. Jeruk dengan tanda kulit yang mengkilap tersebut juga memiliki rasa yang manis dan air yang banyak.

3. Tekan Kulit Jeruk

Anda juga bisa mendeteksi kesegaran dari buah jeruk tersebut dengan menekan kulit jeruk. Seperti yang sudah diulas sekilas sebelumnya, apabila kulit jeruk tersebut terasa tebal dan keras, maka hal tersebut menjadi pertanda bahwa buah tersebut masih belum atau kurang matang.

Tanda-tanda buah jeruk yang sudah matang ditandai dengan kulit yang tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu rapuh dan lembek. Umumnya, jeruk yang memiliki tekstur kulit yang sedikit tebal memiliki kandungan air yang sedikit dengan rasa yang manis.

Sedangkan, jeruk dengan jenis kulit yang tipis umumnya sangat kaya akan kandungan air dengan rasa yang cukup manis. Tentu saja, Anda bebas memilih jenis jeruk manapun yang sesuai dengan preferensi.

4. Perhatikan Rona dari Jeruk

Tips ini berlaku bagi Anda yang akan membeli jeruk mandarin. Buah jeruk mandarin yang matang umumnya memiliki warna oranye yang sangat cerah atau bahkan cenderung sedikit gelap. Semakin mencolok warna yang dimiliki, semakin matang dan manis daging buah tersebut. Sebaliknya, buah jeruk lokal biasanya memiliki warna kulit yang oranye dengan sedikit semburat warna kehijauan.

5. Perhatikan Bagian Dasar dari Kulit Jeruk

Kalau Anda belanja buah jeruk di pasar, biasanya dapat meminta penjual untuk memotong buah jeruk menjadi 2 bagian. Perhatikan bagian kulit dalam yang menempel pada buah jeruk tersebut. apabila kulit jeruk tersebut memiliki bentuk yang cenderung cekung, hal tersebut menunjukkan kualitas buah yang matang dan memiliki rasa manis. Selain itu, bentuk kulit tersebut juga menunjukkan bahwa buah jeruk tersebut kaya akan kandungan air.

Lakukan Trik Penyimpanan Ini Agar Buah Jeruk Tetap Segar

Terkadang, Anda membeli buah jeruk dalam jumlah besar yang pastinya tidak akan habis dalam waktu satu hari saja. Berikut adalah trik menyimpan buah jeruk agar kesegaran buah tersebut tetap terjaga.

1. Simpan Buah Jeruk di Dalam Kulkas

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan buah jeruk adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Penyimpanan di dalam kulkas dapat menjamin kesegaran buah jeruk bertahan selama maksimal 4 minggu. Pastikan bahwa suhu di dalam kulkas berkisar di angka 1 – 9 derajat celsius.

Selain itu, bungkus buah jeruk dengan menggunakan kertas sebelum memasukkannya ke dalam laci khusus untuk menyimpan buah. Kertas pembungkus tersebut berguna untuk membantu menghambat terjadinya penumpukan air, yang berpotensi mempercepat proses pembusukan.

2. Simpan Buah Jeruk di Luar Kulkas

Usahakan untuk menyimpan buah jeruk di dalam suhu ruang untuk menjaga kesegarannya. Ini bisa Anda lakukan apabila sudah tidak ada ruang kosong di dalam rak kulkas, atau apabila Anda tidak memiliki lemari pendingin.

Tempatkan buah jeruk tersebut di dalam keranjang yang berlubang atau mangkuk. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga agar buah jeruk tidak mudah berjamur dan membusuk. Perlu diingat bahwa metode penyimpanan ini membuat buah jeruk hanya mampu bertahan selama 1 minggu saja.

Apabila buah jeruk yang disimpan sangat banyak, hindari menumpuk buah jeruk hingga terlalu tinggi. Karena, hal tersebut dapat mengakibatkan buah jeruk yang berada di bagian bawah menjadi rusak.

3. Simpan Buah Jeruk Iris di Dalam Freezer

Cara yang paling efektif untuk menjaga kesegaran buah jeruk hingga hitungan tahun adalah dengan menyimpannya di dalam freezer. Caranya sangatlah mudah. Pertama-tama, Anda kupas dan keluarkan buah jeruk dari kulit arinya. Tempatkan di dalam wadah dan bekukan.

Untuk menikmati jeruk tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkannya dari dalam freezer dan meletakkannya di rak bagian bawah freezer. Hindari meletakkan buah jeruk yang sudah dibekukan langsung di dalam suhu ruangan. Karena, hal tersebut dapat memicu tumbuhnya bakteri. Sehingga, berdampak pada kesegaran dari buah jeruk tersebut

Demikianlah sejumlah fakta menarik dan tips seputar buah jeruk. Selain konsumsi buah jeruk, jangan lupa seimbangkan dengan menyantap makanan lainnya yang kaya akan nutrisi. Anda juga disarankan untuk berolahraga agar tubuh selalu terasa segar dan bugar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.