Sukses

6 Langkah Memulai Rutinitas Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Anda tengah berfokus menurunkan berat badan? Simak enam cara untuk memulai rutinitas olahraga yang dapat jadi referensi Anda berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama tak olahraga, tak jarang Anda dapat kebingungan kembali memulainya. Hal tersebut biasanya mengganggu sebagian besar orang yang tidak pernah konsisten olahraga sebelumnya selama berbulan-bulan.

Dilansir dari laman Times of India, Senin, 28 Desember 2020, memulai perjalanan olahraga dapat menjadi hal yang menakutkan. Hal ini lantas membuat beberapa orang terus kehilangan motivasi mereka.

Lantas, bagaimana cara untuk memulai kembali rutinitas olahraga Anda agar dapat fokus menurunkan berat badan? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Nilai tingkat kebugaran

Anda dapat mulai dengan latihan intensitas tinggi atau latihan kekuatan, jika tubuh Anda belum siap untuk itu. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan cedera.

Menilai tingkat kebugaran Anda membantu memilih latihan yang tepat dan menetapkan tujuan yang dapat dicapai. Periksa berat badan, kelenturan, kekuatan, dan daya tahan Anda.

2. Tetapkan tujuan yang realistis

Berdasarkan tingkat kebugaran tentukan tujuan Anda. Setiap individu terlibat dalam satu atau jenis aktivitas fisik dengan tujuan tertentu.

Beberapa dari mereka ingin menurunkan berat badan, sedangkan lainnya hanya ingin tetap aktif. Cari tahu apa tujuan Anda dan apa yang ingin Anda capai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Temukan rutinitas olahraga yang tepat

Usai mengevaluasi tingkat kebugaran dengan jelas dan menetapkan tujuan, akan menjadi mudah bagi Anda untuk memilih latihan. Jika Anda ingin tetap bugar, berlari atau berjalan saja sudah cukup.

Namun jika fokus Anda adalah untuk membangun otot dan mengencangkan tubuh, maka pilihlah latihan kekuatan. Untuk meningkatkan kelenturan dan mengurangi tingkat stres, yoga akan menjadi yang terbaik.

4. Investasikan untuk trainer dan teknologi

Selanjutnya mengumpulkan beragam hal yang diperlukan untuk memulai perjalanan kebugaran Anda. Jika telah memutuskan untuk meminta bantuan profesional, carilah kelas kebugaran dan gym di dekat daerah Anda.

Jika Anda memutuskan untuk berolahraga di rumah sendiri, lalu mengatur hal-hal yang diperlukan. Sebut saja seperti perlengkapan, sepatu, matras yoga, pakaian yang nyaman dan lainya.

3 dari 4 halaman

5. Mulai dengan lambat

Ketika memulai sesuatu yang baru, jelas terlihat bersemangat dan penuh energi. Namun dalam antusiasme itu jangan berlebihan jika tidak Anda akan melukai diri sendiri.

Tubuh membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri untuk menahan stres dan tekanan. Jadi, mulailah perlahan dan berikan waktu untuk tubuh Anda sebelum meningkatkan intensitas dan jumlah pengulangan.

6. Pantau kemajuan Anda

Cara ini adalah langkah terakhir dan yang paling penting. Buatlah lembar catatan di mana Anda dapat menulis tentang diet harian dan olahraga Anda dan setelah seminggu, pantau kemajuan Anda.

Hal tersebut akan membantu Anda melacak kemajuan Anda. Juga, membuat perubahan yang diperlukan dalam rutinitas kebugaran Anda.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.