Sukses

Detail Layanan Rapid Test Antigen di Bandara Juanda

Bandara Juanda menyediakan pelayanan Rapid Test Antigen untuk para calon penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Bandar Udara Internasional Juanda menyediakan layanan Rapid Test Antigen sebagai salah satu ketentuan para pelaku perjalanan. Layanan di Bandara Juanda ini turut melengkapi Rapid Test Antibodi yang sebelumnya tersedia.

Berdasarkan keterangan yang disertakan di akun Instagram resmi Juanda International Airport, dijelaskan cara kerja Rapid Test Antigen adalah dengan metode swab atau usap. Langkah ini untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan.

Disebutkan pula, penambahan jenis tes rapid ini sebagai langkah mendukung kebijakan pemerintah. Hal tersebut terkait syarat bagi pelaku perjalanan di libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Lokasi pelayanan Rapid Test Antigen sendiri berada di area pelataran parkir Roda 4 Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda. Jam pelayanan dibuka setiap hari, mulai pukul 07.00--15.00 WIB.

Biaya Rapid Test Antigen di Bandara Juanda dibanderol dengan harga Rp170 ribu. Hasil dapat diambil para pelaku perjalanan sekitar 60 menit, tergantung dari lama antrean.

Selain Rapid Test Antigen, Bandara Juanda sebelumnya turut menyediakan layanan Rapid Test Antibodi sehara Rp85 ribu. Layanan ini dimulai pukul 05.00--18.00 WIB dengan hasil dapat diambil sekitar 30 menit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rapid Test Antigen H-1

Bandara Juanda juga turut mengimbau kepada para pelaku perjalanan untuk menjalani Rapid Test Antigen H-1 sebelum keberangkatan. Tujuannya agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

Selain di bandara, Rapid Test Antigen sehari sebelum keberangkatan juga dapat dilakukan di beberapa fasilitas kesehatan. Sebut saja di rumah sakit, laboraturium, atau klinik kesehatan yang memiliki fasilitas layanan Rapid Test Antigen terdekat di lokasi para calon penumpang.

Sebelum bepergian, perlu diketahui, syarat penggunaan hasil negatif Rapid Test Antigen berlaku untuk tujuan ke dan dari atau antar-bandara di Pulau Jawa.

3 dari 3 halaman

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.