Sukses

3 Program Sandiaga Uno untuk Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tiga hal yang akan diterapkan Sandiaga Uno, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Liputan6.com, Jakarta - Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraaf) Sandiaga Uno bergerak cepat. Sandi pun telah menyusun sejumlah program yang akan dijalaninya.

Secara garis besar, Kemenparekraf memaparkan program Sandiaga Uno tersebut. Sandi akan menerapkan tiga hal, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Strategi inovasi dilakukan dengan pendekatan big data, untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor parekraf," tulis akun @kemenparekraf, Jumat, 25 Desember 2020.

Inovasi juga akan menjadi dasar bagi pengembangan destinasi superprioritas dalam satu tahun, yang meliputi kuliner, busana, tarian, dan infrastruktur.

Sementara itu, adaptasi adalah membiasakan dan mendisiplinkan penerapan protokol CHSE di setiap destinasi wisata sebagai bentuk #AdaptasiKebiasaanBaru. CHSE merupakan Cleanliness (Kebersihan), Healthy (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

Hal penting lain adalah kolaborasi. Artinya, Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan semua pihak maupun stakeholder untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan Positif Publik

Unggahan Kemenparekraf terkait dengan program Sandiaga Uno mendapat tanggapan positif dari warganet. Tak sedikit warganet yang memberikan dukungan pada Sandi.

"saya mendoakan semoga bpk mentri yang baru bisa menjalankan amanah dengan baik dan lancar..," tulis seorang warganet. "Semoga Pariwisata di Indonesia Segera Bangkit, di bawah Pimpinan Bang @sandiuno dan dapat Memberi Manfaat Untuk masyarakat & pendapatan negara🇮🇩👍😊🙏," tulis warganet yang lain.

Sementara itu, ada juga warganet berharap Sandi konsisten dengan tiga program tersebut. Selain itu, Sandi perlu mengembangkan destinasi prioritas.

"Tiga hal yang menjadi prioritas arah pembangunan kepariwisataan dan ekonomi kreatif dibalut dengan KONSISTENSI pembangunan destinasi prioritas dan pengembangan potensi destinasi terbarukan akan lebih keren. Lirik dikit destinasi KEPULAUAN TOGEAN 😀," komentar seorang warganet.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.