Sukses

Pramugari Japan Airlines Bakal Jadi Penjaga Kuil pada Januari 2021

Sejumlah pramugari di Japan Airlines Fukuoka akan jadi penjaga kuil. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 sangat berdampak pada industri penerbangan. Mengingat penyebaran virus masih berlangsung di sejumlah negara, banyak yang memilih membatalkan atau menunda perjalanan mereka.

Hal itu membuat pihak Japan Airlines (JAL) yang memiliki kelebihan pramugari harus putar otak. Mereka mencari cara untuk menugaskan pramugari ke peran lain, seperti dilansir dari SoraNews24, Jumat (25/12/2020).

Alhasil, sekelompok karyawan JAL dari Bandara Fukuoka akan segera bekerja sebagai miko. Miko merupakan perempuan yang bertugas menjaga kuil Shinto.

Pada awal minggu ini, sejumlah staf lapangan JAL Fukuoka menjalani pelatihan di kuil Munakata Taisha di kota Munakata, Prefektur Fukuoka. Hal itu tampak terlihat dalam video yang beredar di dunia maya.

Pramugari yang bekerja sebagai penjaga kuil tak membutuhkan pengambilan sumpah jangka panjang, seperti biarawati. Namun, pekerjaan itu membutuhkan pengetahuan tentang kosakata dan etika khusus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Januari 2021

Orang Jepang secara tradisional mengunjungi kuil di awal tahun baru. Mereka berdoa untuk kesehatan dan kemakmuran bulan-bulan mendatang.

Banyak juga yang membeli benda keberuntungan dan dekorasi rumah, seperti omamori, hamaya, dan fukusasa, yakni jimat keberuntungan berbentuk kantong kain, panah, maupun cabang bambu.

Masing-masingnya telah dijelaskan pada para pramugari untuk ditangani dan nantinya diteruskan pada jemaah dengan cara tertentu. Ini merupakan salah satu bahasan dalam sesi pelatihan miko.

Baik JAL maupun Munakata Taisha mengatakan mereka menantikan potensi sinergi dan kesempatan untuk saling belajar. Miko JAL akan bekerja di kuil dari 1 Januari-- 11 Januari 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.