Sukses

Warganet Ramai Ungkap Merek Jaket Biru Para Menteri Baru yang Segar dan Ceria

Karena tidak diungkap mereka atau siapa pembuatnya, banyak yang penasaran dengan jaket biru terang yang dipakai para menteri baru.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan enam menteri baru di taman veranda, Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Desember 2020. Mereka para menteri yang baru diangkat kompak mengenakan kemeja putih dan jaket biru serta celana panjang hitam.

Mereka juga melengkapi tampilan dengan masker dan faceshield sebagai bentuk menaati protokol kesehatan. Mereka adalah Tri Rismaharini mengisi posisi Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lalu Menteri Kesehatan yang kini dijabat Budi Gunadi Sadikin.

Tiga menteri lainnya adalah Yaqut Cholil Qoumas mengisi pososi Menteri Agama, Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dan terakhir, Jokowi menunjuk M Luthfi menjadi Menteri Perdagangan. Tampilan kali ini agak berbeda. Sebelum ini, biasanya para menteri jajaran Kabinet Indonesia Maju cukup hanya mengenakan kemeja putih, atau mengenakan kemeja putih dengan dasi dan jas biru atau hitam.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan alasan Jokowi memberikan jaket biru yaitu mengartikan menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan dan siap bekerja

"Jaket artinya setiap orang yang menggunakan jaket itu tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja," terang Bey, seperti dikutip dari kanal News Liputan6.com, Selasa, 22 Desember 2020. Sementara warna biru yang melekat di jaket para menteri Jokowi ini adalah melambangkan semangat.

"Warna biru, warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat," lanjut Bey. Tri Rismaharini yang satu-satunya perempuan di kelompok tersebut juga memakai setelan yang sama, hanya bedanya ia memakai hijab hitam.

Namun karena Bey tidak mengungkap mereka atau siapa pembuat jaket tersebut, banyak warganet yang ternyata penasaran dengan jaket biru terang yang dipakai para menteri baru. Di media sosial, ramai dibahas tentang mereka jaket tersebut dan banyak yang meyakini kalau para menteri baru Jokowi memakai jaket keluaran Uniqlo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Jadi Menteri

Entah kebetulan atau tidak, Uniqlo Indonesia mengunggah foto seorang model pria memakai jaket biru yang sangat mirip dengan jaket para menteri baru. Mereka menyebutkan kalau itu adalah jaket model Parka Saku UV.

"Most talked about blue parka. Jaket multifungsi dengan fitur UV Protection dan material water repellent untuk melindungi tubuh dari segala musim. Desain pocketable yang ringan membuatnya mudah dibawa kemana saja," tulis unggahan pada Rabu (23/12/2020) itu.

Harga jaket tersebut sekitar Rp399 ribu dan tersedia dalam berbagai warna lainnya seperti hitam, abu-abu dan oranye. Warganet pun ramai mengomentari unggahan jaket biru tersebut. "Pake jaket ini auto jadi Menteri gak? Hehe #JaketMenteri," tulis akun @dearizkita milik Puteri Indonesia Perdamaian 2017, Dea Rizkita.

"Ini jaket yg kemarin di pakai bpk dan ibu mentri yg baru di lantik bukan? Jd pen beliiiii ah biar samaan sama bu Risma😍," komentar akun @benstuwart97. "ini jaket yang anti panas, adem, bisa dikantongin, bisa jadi menteri, bisa terbang, rajin menabung, dan tidak sombong itu ya?" timpal akun @bunaist mengomentari jaket biru para menteri baru yang diyakini adalah produksi Uniqlo.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.