Sukses

4 Hal yang Harus Dilakukan Usai Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Ada beberapa kegiatan yang disarankan diakukan setelah berolahraga guna membantu Anda menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berfokus untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Selain olahraga, menjaga pola makan hingga pola tidur, ada aktivitas-aktivitas lain yang dapat membantu usaha menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa, 22 Desember 2020, olahraga sangat penting, namun rutinitas setelah olahraga juga wajib untuk disimak. Beberapa kegiatan ini dapat jadi pendukung dalam upaya menurunkan berat badan yang maksimal.

Lantas, apa saja hal-hal tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Hidrasi

Setelah selesai berolahraga, minum air yang banyak untuk mengganti kehilangan cairan dalam bentuk keringat. Hal ini penting untuk melengkapi Anda sebelum dan sesudah olahraga dalam upaya menurunkan berat badan.

Air membantu dalam memperbaiki dan memulihkan otot. Tak hanya itu, air juga membantu menurunkan suhu inti tubuh.

2. Istirahat dan rileks

Memberi tubuh waktu untuk istirahat dan rileks membantu pembentukan otot dan pemulihan otot. Olahraga berlebihan dapat menghentikan proses ini dan dapat menyebabkan lebih banyak nyeri otot.

Maka dari itu, istirahat sebentar dan rilekskan otot Anda setelah olahraga. Hal ini bisa dengan beberapa rutinitas perawatan diri seperti pijat dan peregangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Makan camilan sehat

Sesi olahraga yang intens pasti akan membuat Anda kelaparan, tetapi jangan terburu-buru untuk makan sepiring penuh karbohidrat. Setelah olahraga, Anda harus memanjakan diri dengan ngemil sehat.

Anda dapat mengonsumsi kacang atau pisang setelah berolahraga untuk energi. Usai setengah jam, makan makanan yang terdiri dari protein tanpa lemak, sayuran, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

4. Pendinginan

Pendinginan adalah bagian penting dari rutinitas olahraga. Aktivitas ini membantu mengembalikan suhu inti tubuh dan detak jantung Anda secara perlahan ke normal dan mengurangi risiko cedera.

Tidak pendinginan dengan benar juga dapat menyebabkan pusing, pembekuan darah, dan bahkan pingsan. Apapun olahraga yang Anda lakukan, hal satu ini tetap konstan.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.