Sukses

4 Tips Aman Makan Nasi Saat Jalani Diet

Sebenarnya, nasi putih masih bisa dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Nasi, terutama nasi putih adalah makanan pokok beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Namun bagi orang yang sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan, nasi putih seolah menjadi makanan yang harus dihindari.

Beberapa dari mereka beralih ke beras merah atau bahkan, tidak mengonsumsi nasi sama sekali. Nasi putih memang lebih banyak mengandung karbohidrat dan kalori, serta lebih sedikit nutrisi lainnya. Sebanyak 60 gram beras mengandung 80 kalori, satu gram protein, 0,1 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat.

Sebenarnya, nasi putih masih bisa dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet, asalkan bisa mengontrol porsi dan mempertahankan pola makan seimbang serta berolahraga.

Nasi putih sebenarnya biji-bijian bebas gluten yang mudah dicerna, rendah lemak, dan mengandung sejumlah vitamin B.Dilansir The Health Site, 19 Desember 2020, setidaknya ada empat cara tetap mengonsumsi nasi putih meski sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan.

1. Kontrol porsi

Anda harus mengontrol porsi nasi yang disantap. Cukup makan nasi putih dalam porsi kecil untuk membatasi jumlah kalori dan jangan memasukkan makanan lain yang mengandung karbohidrat.

2. Konsumsi banyak sayuran

Nasi putih penuh dengan pati yang mudah terurai. Hal ini bisa menyebabkan lonjakan energi, diikuti dengan penurunan gula darah, sehingga membuat Anda lebih cepat lapar.

Karena itulah para ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi nasi putih dengan banyak sayuran kaya serat yang baik untuk pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Cara memasaknya

Hindari mengonsumsi nasi goreng atau nasi yang digoreng dengan mentega. Sebab, pada akhirnya Anda hanya akan menambahkan kalori di dalamnya.

4. Hindari konsumsi nasi di malam hari

Nasi putih memang mudah dicerna, tubuh sehingga kita tidak akan mendapatkan nutrisi selama beberapa jam ke depan saat tertidur. Hal ini akan memicu rasa lapar saat Anda bangun.

Makanan berserat tinggi adalah pilihan yang baik untuk makan malam. Anda juga bisa makan salad atau sup di malam hari tanpa nasi putih. 

3 dari 3 halaman

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.