Sukses

Akhir Nahas Pria Naik Jet Ski Selama 4,5 Jam untuk Bertemu Pacarnya

Awalnya, pria ini menyangka hanya akan menghabiskan waktu 40 menit naik jet ski untuk bertemu pacarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi romantis pria asal Skotlandia bernama Dale McLaughlan justru berbuah petaka. Naik jet ski selama 4,5 jam, McLaughlan menyeberangi Laut Irlandia demi berjumpa dengan sang pacar.

Namun, melansir laman People, Sabtu, 19 Desember 2020, pekerja konstruksi tersebut kini di penjara di Isle of Man. Perjalanan tersebut, yang awalnya diperkirakan McLaughlan hanya berlangsung 40 menit, memakan waktu sekitar 4,5 jam dari pantai Skotlandia.

Aksinya pun memicu peringatan pencarian dan penyelamatan di sepanjang pantai barat Inggris Raya. Lebih penting lagi, itu juga membuat McLaughlan harus menjalani hukuman penjara empat minggu karena melanggar pembatasan ketat COVID-19 Isle of Man mengenai pengunjung ke negara pulau antara Irlandia dan Inggris tersebut.

"Isle of Man berada dalam situasi yang sangat berbeda dengan Inggris dan banyak negara lain terkait virus corona baru," kata kepala menteri Isle of Man, Howard Quayle, dalam sebuah pernyataan.

"Komunitas kami telah bekerja sama membendung dan menghilangkan virus untuk melindungi mereka yang paling rentan terhadap COVID-19. Jadi, saya heran mengetahui bahwa seseorang telah melakukan perjalanan dari Inggris ke Isle of Man dengan jet ski pada akhir pekan, melanggar pembatasan perbatasan," katanya.

"Di Isle of Man, kami semua mengutamakan kecerdikan," lanjut Quayle. "Sayangnya, ini adalah upaya yang sangat sembrono dan berbahaya, yang bisa berakhir sangat berbeda mengingat situasi tahun ini."

Perjalanan McLaughlan melintasi perairan sempit dengan jet ski dimulai pada 11 Desember. Pria 28 tahun itu berkendara 113 kilometer (km) dari rumahnya di Ayrshire Utara dan berlayar dari Pulau Whithorn di pantai barat Skotlandia sekitar pukul delapan pagi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Si Pacar yang Tak Tahu-menahu

Menurut laporan dari kepolisian Isle of Man, pria ini membeli jet ski hanya sehari sebelumnya dan tak memiliki pengalaman mengendarai jet ski. The Scottish Sun juga melaporkan bahwa McLaughlan tak bisa berenang.

Meski demikian, ia berhasil mendarat di kota Ramsey di pantai timur laut Isle of Man sekitar pukul satu siang dengan hanya 10 menit bahan bakar tersisa di tangki.

Ia kemudian berjalan kaki 19 km ke ibu kota pulau itu, Douglas, dan mengetuk pintu rumah pacarnya, Jessica Radcliffe. Pasangan itu bertemu pada September lalu ketika ia secara resmi bekerja di pulau itu sebagai seorang roofer.

Laporan polisi menyatakan bahwa Radcliffe sama sekali tak menyadari McLaughlan telah mempertaruhkan nyawa untuk bertemu dengannya. Pasangan itu bahkan sempat menikmati kencan di 1886 Bar & Grill dan Bordello Wine Bar di Douglas sampai sekitar 1.30 pada 13 Desember.

Namun, pada tahap inilah polisi setempat menangkapnya. Sebelum meninggalkan daratan Inggris, McLaughlan telah mengisi perencanaan rute untuk penjaga pantai. Ketika tak kembali sesuai jadwal, pihak berwenang Inggris memberi tahu pencarian dan penyelamatan, juga mengajukan pemberitahuan orang hilang ke pasukan polisi setempat, termasuk Isle of Man.

Pada sore hari tanggal 13 Desember, sekitar 16 jam setelah meninggalkan bar, McLaughlan ditangkap. Setelah mengakui rencana melakukan perjalanan secara ilegal ke negara itu, ia didakwa dengan tuduhan melanggar peraturan COVID-19 pulau dan dijatuhi hukuman empat minggu penjara.

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.