Sukses

Lebih Dekat dengan Alam, Tren Desain Rumah Tahun 2021

Pandemi corona COVID-19 yang menyebabkan perubahan sosial pun disebut memengaruhi tren desain rumah pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang terjadi di dunia, di mana keadaan ini sekarang merujuk pada pandemi corona COVID-19, pasti memengaruhi ragam sendi kehidupan. Tak hanya yang bersifat keseharian, dampaknya bisa lebih jauh, seperti dalam tren desain rumah.

Mengingat periode krisis kesehatan global masih berlangsung, arsitek, sekaligus founder Atalier Riri, Riri Yakub, mengatakan bahwa tahun depan, hunian akan cenderung lebih personal dan fungsional.

"Rumah jadi harus punya banyak fungsi karena sekarang hampir semua aktivitas dilakukan di rumah," katanya dalam jumpa pers virtual Dulux Colour of the Year 2021, Kamis, 17 Desember 2020.

Ya, sejak Maret, hunian memang tak sekadar jadi tempat pulang, namun juga sebagai ruang bekerja, belajar, berdoa, bahkan menyalurkan hobi. Anjuran untuk tetap berkegiatan di tempat tinggal ini tak lain bermaksud menekan laju transmisi virus corona baru.

Kemudian, tren desain rumah tahun depan juga diprediksikan akan lebih terbuka untuk memberi suasana lebih dekat dengan alam. Bentukannya juga dijelaskan akan membangkitkan semangat untuk hidup sehat, hal yang jadi perhatian khusus selama pandemi.

Lebih lanjut Riri menjelaskan bahwa secara warna dan meterial, semuanya akan dikaitkan dengan sesuatu yang membangkitkan mood. Perwujudannya pun bisa dilakukan melalui tren warna cat dinding versi Dulux yang pada 2021 bertajuk "Brave Ground."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selaraskan dengan Warna Cat Dinding

Riri mengatakan, warna-warna lembut akan banyak dipilih untuk berbagai kebutuhan rumah maupun dekorasi. Jenis palet ini cenderung memiliki kesan tenang dan santai.

"Misalnya warna alam dari palet Earth bisa jadi pilihan yang sangat baik untuk mempercantik rumah, serta melengkapi keindahan dan ketenangan di dalam rumah," ucap sang arsitek kenamaan.

Selain Earth, tren warna cat dinding pada 2021 menurut Dulux juga ada Expressive, Trust, dan Timeless. Pemilihannya merupakan hasil diskusi para ahli yang mempertimbangkan ragam faktor, termasuk sosial, bahkan kondisi politik.

Klasifikasinya, menurut Oscar Wezenbeek, managing director AkzoNobel Decorative Paints South East Asia and South Asia (SESA), akan memudahkan pelanggan maupun interior designer, memilih warna sehingga dapat menghadirkan susana yang tepat di ruangan.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.