Sukses

5 Buah yang Bantu Menurunkan Berat Badan

Dari apel hingga pisang, buah-buah ini punya sederet manfaat hingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Buah merupakan salah satu asupan yang dapat membantu Anda ketika hendak menurunkan berat badan. Buah kaya akan vitamin, nutrisi penting, dan serat yang membuat Anda kenyang untuk waktu lebih lama.

Dilansir dari laman Times of India, Jumat, 18 Desember 2020, seluruh jenis buah sebenarnya baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan buah dikemas dengan nutrisi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Namun, buah-buahan tertentu lebih baik daripada yang lain dalam urusan menurunkan berat badan. Apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut.

1. Jeruk

Jeruk kaya vitamin C, serat, dan rendah kalori. Buah ini empat kali lebih mengenyangkan dari croissant dan dua kali lebih mengenyangkan dari granola bar.

Satu buah jeruk hanya mengandung 45 kalori. Maka dari itu, Anda dapat menikmatinya tanpa perlu khawatir dengan asupan kalori Anda.

2. Jenis Berrie

Buah rendah kalori ini memiliki berbagai jenis vitamin dan antioksidan. Satu porsi stroberi, yakni sekitar 152 gram, hanya mengandung 50 kalori, sedangkan 148 gram blueberry hanya mengandung 84 kalori.

Buah ini dapat dinikmati dengan sereal atau yogurt untuk sarapan. Anda juga dapat mencampurnya dalam smoothie.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Pisang

Tak semata lebih padat kalori dibanding buah lain, pisang juga kaya nutrisi. Buah ini mengandung magnesium, kalium, serat, vitamin, dan banyak antioksidan.

Makan pisang setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula darah hingga mengurangi risiko kolesterol tinggi. Juga, membantu mengatur berat badan yang sehat.

3 dari 5 halaman

4. Apel

Hanya dengan empatgram serat dan hanya 95 kalori per porsi, apel jadi salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Buah ini lebih memuaskan dibanding camilan lain karena memakan waktu lebih lama untuk mengonsumsi apel, mengingat kandungan seratnya yang tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan apel dapat mendukung penurunan berat badan, bahkan menurunkan risiko kolesterol tinggi. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat mengonsumsi apel dengan dua cara, mentah maupun dimasak.

4 dari 5 halaman

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Ini meningkatkan metabolisme dan membantu memecah makanan di perut. Di samping, mencegah tubuh menahan terlalu banyak lemak dan menurunkan berat badan.

Pepaya kaya akan vitamin C, antioksidan, dan flavonoid. Selain itu, pepaya membantu mengurangi kembung, sembelit, bahkan baik untuk penderita diabetes.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.