Sukses

10 Destinasi Teratas Pilihan Wisatawan Indonesia Habiskan Malam Tahun Baru 2021

Beberapa kota di Indonesia menjadi incaran wisatawan domestik untuk menghabiskan malam Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalani pembatasan untuk bepergian selama hampir setahun, masyarakat Indonesia banyak yang memanjakan diri dengan menginap di akomodasi mewah di malam Tahun Baru 2021. Meski masih dalam masa pandemi corona Covid-19, sepertinya akan banyak yang ingin menikmati liburan Natal dan Tahun Baru. Tentunya dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Menurut data pemesanan dari platform perjalanan digital Agoda, hotel bintang 4 hingga 5 adalah pilihan akomodasi teratas dalam menyambut tahun baru 2021 di dunia, serta menempatkan hotel bintang 1 hingga 3,5 di posisi kedua tahun ini, dibandingkan malam Tahun Baru 2020. Ada beberapa kota di Indonesia yang sudah menjadi incaran dan pilihan wisatawan domestik untuk menghabiskan malam Tahun Baru.

"Wisatawan tidak membiarkan pandemi mengurangi semangat berwisata mereka dan juga menghabiskan Tahun Baru dengan mengeksplorasi destinasi domestik yang jarang dikunjungi sehingga mendukung komunitas wisata lokal di area mereka," ungkap Errol Cooke, Vice President, Partner Services, Agoda, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 17 Desember 2020.

Menurut data Agoda, 10 kota atau daerah di Indonesia menjadi pilihan teratas wisatawan domestik untuk menyambut Tahun Baru 2021. Dibandingkan tahun lalu, di tahun ini Tangerang dan Batam tidak masuk dalam daftar 10 kota tersebut.

1. Jakarta

Sama seperti tahun lalu, di tahun ini Jakarta masih menjadi tujuan wisata domestik terpopuler untuk menghabiskan malam Tahun Baru. Di Jakarta, wisatawan bisa bisa berkunjung ke Monumen Nasional atau Monas dan Kota Tua. Untuk wisata budaya, ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di mana Anda sekaligus belajar mengenai budaya-budaya Indonesia.

Pencinta alam yang ingin ke tempat lain di luar Ancol bisa menyeberang ke Pulau Seribu untuk menikmati keindahan pantai yang memesona. Anda yang hobi makan bisa datang ke berbagai tempat makan mulai dari kaki lima sampai bintang lima yang bisa ditemui dengan mudah di Jakarta.

2. Bali

Posisi Bali naik satu peringkat dari tahun lalu. Taka da yang meragukan Bali sebagai salah satu destinasi favorit untuk liburan akhir tahun. Bali mempunyai potensi wisata alam sampai kuliner yang menarik hati. Anda juga bisa memilih beragam pantai yang indah untuk dikunjungi. Selain itu, deretan akomodasi menarik, mulai dari hotel hingga vlla dengan pemandangan menakjubkan juga bisa ditemukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Bandung

Bandung turun satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Namun ibukota Jawa Barat akan tetap menjadi tujuan banyak wisatawan untuk menikmati perayaan tutup tahun dan menyambuta tahun baru. Di Kota Kembang ini, Anda bisa menemukan beragam destinasi wisata alam hingga kuliner khas yang wajib untuk disambangi.

4. Yoyakarta

Yogyakarta naik satu peringkat dari urutan ke-5 di tahun lalu. Kota Gudeg ini terkenal sebagai kota yang mempunyai potensi wisata yang lengkap, mulai dari budaya, alam pegunungan dan pantai, hingga kuliner khas.

5. Surabaya

Ibu kota Jawa Timur ini turun satu peringkat dibandingan tahun 2019. Berkunjung ke Surabaya, Anda bisa menikmati wisata alam dan kuliner yang tiada duanya, mulai dari Kenpark Surabaya, Kebun Binatang Surabaya, hingga Monumen Kapal Selam.

3 dari 5 halaman

6. Malang

Kota lainnya di Jawa Timur yang masuk daftar 10 besar adalah Malang. Sedangkan di tahun lalu Malang tidak termasuk dalam 10 besar. Kota Malang cocok buat Anda yang ingin melancong dengan biaya terjangkau.

Kunjungi Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut juga nikmati wisata petik apel dan Hawai Waterpark. Malang juga menyimpan wisata alam yang indah, mulai dari Gunung Bromo hingga Pantai Tiga Warna.

7. Semarang

Posisi Semarang sama dengan tahun lalu yang menandakan masih banyak wisatawan yang ingin menikmati pergantian tahun di ibukota Jawa Tengah ini. Jika Jakarta punya Monas yang biasa ramai saat malam pergantian tahun baru, Semarang juga punya Simpang Lima yang selalu ramai dikunjungi. Tempat lainnya ada Tugu Muda, Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah, Bandungan dan Pantai Marina.

8. Bogor

Untuk kali pertama, Bogor masuk daftar 10 besar. Di Kota Hujan ini ada beberapa lokasi yang tak kalah indah jika dibandingkan tempat wisata di kota lain. Bogor ini juga menghadirkan beberapa tempat wisata yang tak hanya indah tapi ramah untuk keluarga.

4 dari 5 halaman

9. Makassar

Seperti juga Bigor, Makassar baru masuk daftat 10 besar di tahun ini. Selain menyajikan kuliner yang lezat, Makassar juga memiliki tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Ada Pantai Losari, Pantai Apparalang, Gowa, Pangkep, Bulukumba, Jeneponto dan masih banyak lagi.

10. Medan

Dibandingkan tahun lalu, posisi Medan turun empat peringkat. Meski turun, minat wisatawan untuk datang ke Medan tetap tinggi. Ibukota Sumatra Utara ini punya banyak tempat hiburan dan tempat wisata menarik untuk merayakan Tahun Baru 2021.

Anda juga bisa menghabskan malam Tahun Baru dengan makan durian khas Medan yang sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia.

5 dari 5 halaman

Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.