Sukses

5 Aktivitas Sederhana untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres.

Liputan6.com, Jakarta -  Mengatur pola makan sehat adalah cara paling mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun hal itu tidaklah cukup. Sederhananya imun tubuh yang kuat dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi ‘musuh’ yakni berbagai penyakit dan virus.

Bicara tentang imunitas tubuh dan penyakit, stress tinggi dapat menjadi sumber penyakit. Semakin tinggi tingkat stress yang dialami, semakin berkurang antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh juga semakin sedikit. Kabar gembiranya kamu tidak perlu melakukan hal-hal luar biasa. Berikut ini lima aktivitas sederhana yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Tertawa

Siapa yang tak suka tertawa? Well, ini cara paling mudah meningkatkan imun. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Olahraga Teratur

Olahraga rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Waktu olahraga yang disarankan adalah selama 20-30 menit setiap hari. Pilihan olahraga yang baik dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh meliputi berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam aerobik, hingga latihan fisik di gym.

Saat berolahraga kamu bisa dibantu monitoring dengan smartwatch Garmin, Galaxy Watch, Huawei, dan Apple Watch. Selain merekam detak jantung, jumlah langkah, dan mengukur kualitas tidur, smartwatch tersebut juga dibekali layanan olahraga bersama instruktur secara virtual. Jadi untuk kamu yang pengen olahraga sendiri, tetap punya guidance.

Kelola Stress

Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Luangkah waktu sejenak saat malam atau sore dari pekerjaan dengan streaming film atau series favorit dengan tablet iPad, MatePad, dan Galaxy Tab.

Kenapa nonton di tablet? Layar lebih besar, chipset ngebut, dan penting memisahkan gadget urusan pekerjaan dan pribadi seperti entertainment. Tak hanya untuk entertainment, tablet juga bisa mendukung produktivitas sebagai pelengkap laptop dengan smart stylus dan smart keyboard.

Meditasi atau yoga

Kedua aktivitas ini bisa juga kamu lakukan saat mengalami stres atau kejenuhan yang teramat sangat. Lewat meditasi dan yoga kamu akan melalui tahapan kontrol pernafasan yang secara tidak langsung dapat mengontrol emosi.

Saat membutuhkan musik tenang untuk yoga atau meditasi, koneksikan smartphone dengan bluetooth speaker Harman Kardon atau JBL. Selain memiliki desain yang unik, JBL dan Harman Kardon juga dibekali suara stereo yang bisa kamu atur sesuai keinginan. Keduanya juga dibekali baterai yang tahan lama dan dapat dikoneksikan juga ke berbagai device.

Tidur Cukup

Istirahat dan tidur cukup adalah salah satu sumber imun alami. Jika cukup tidur dan istirahat, tubuh kamu akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, kamu juga jadi tidak akan gampang stres.

Menjaga kualitas udara adalah salah satu cara menjaga kesehatan pernafasan. Apalagi di saat new normal yang mana pandemi Corona belum betul-betul lenyap. Salah satu manfaat air purifier pada umumnya yaitu, bisa menghilangkan virus dan bakteri di udara.

Untuk menjaga kualitas udara dan kesehatan pernafasan di dalam rumah, kamu bisa menggunakan Mi Air Purifier 2H, nih. Enaknya kamu juga mengaktifkan Mi Air Purifier 2H dengan ponsel pintar. Kamu bisa menghidupkan dan mematikan dari jarak jauh, bahkan ketika jauh dari rumah. Caranya cukup koneksikan Mi Air Purifier ini dengan Wi-Fi. Dengan begitu, saat tiba di rumah udara ruangan sudah bersih.

Itu tadi cara-cara sederhana menjaga imunitas tubuh. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pesan gadget lifestyle pendamping hidup sehat kamu di Eraspace App. Pakai aplikasi Eraspace aja! Nggak cuma bisa belanja gadget, di Eraspace kamu juga belanja kebutuhan untuk tubuh seperti Face Shop. Cukup pakai Eraspace kamu juga bisa belanja semua kebutuhan lifestyle. Muai dari gadget, IoT, bluetooth speaker, smartwatch, skincare dan masih banyak lagi.

Di Eraspace App kamu bisa belanja gadget original dan bergaransi dengan berbagai metode pembayaran dari rumah. Ada banyak pilihan dan product catalognya juga enak. Jadi praktis, produk pasti terjamin original, dan aman pembayarannya. Enaknya belanja pakai aplikasi Eraspace, kamu bisa dapetin Eraclub Point. Poinnya yang kamu dapat setelah belanja juga bisa dipakai belanja lagi. Enak kan?

Kamu juga bisa memanfaatkan pilihan tiga shopping option yang ditawarkan Eraspace App. Belanja online dengan pengiriman reguler lewat JNE atau langsung dikirim kurir instan dari store terdekat menggunakan layanan EraXPress. Misalkan lagi di luar dan mau sekalian jalan gitu, kamu juga bisa belanja online dan langsung ambil barangnya di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup.

Mau belanja langsung ke store Erafone, iBox, Urban Republic dan Samsung NASA juga bisa. Pastikan kamu menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan melewati pengecekan suhu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.