Sukses

10 Resep Masakan Paling Dicari Warganet Selama 2020

Selama pandemi di 2020, ada beberapa resep masakan yang viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, di awal 2020 membuat banyak orang harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti memasak. Siapa sangka, pada momen ini banyak tercipta resep makanan maupun minuman yang viral di masa pandemi.

Sementara, Google baru saja mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia, mulai dari COVID-19, resep masakan hingga film pendek "Tilik". Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini, termasuk resep masakan.

Dilansir dari laman resmi Google Indonesia, Senin, 14 Desember 2020, berikut 10 resep masakan paling dicari sepanjang 2020.

1. Donat

Donat menjadi resep pertama yang paling banyak dicari selama 2020. Jenis roti yang digoreng ini adalah camilan yang relatif mudah dibuat.Salah satu resep donat yang paling mudah dibuat adalah donat kentang. Proses pembuatan donat juga cukup simpel dan hanya saja butuh waktu cukup lama karena proses fermentasinya.

2. Dalgona Coffee

Dalgona coffee atau kopi dalgona menjadi salah satu resep minuman yang viral berkat TikTok dan media sosial lainnya. Kopi susu dua lapis antara susu cair dengan foam kopi pekat dan gula memang sempat jadi tren sendiri di kalangan warganet di seluruh dunia, terutama Indonesia selama pandemi corona.

Cara membuat dan bahannya juga relatif mudah. Cukup bermodal alat pengocok (balloon whisk), mixer, atau saringan, Anda sudah bisa menghasilkan foam kopinya. Kopi ini lahir di Korea. Dalam bahasa Korea, dalgona atau ppopgi berarti honeycomb toffee (makanan yang terbuat dari karamel dan baking powder yang dipanaskan dan membentuk seperti sarang tawon).

3. Odading

Jajanan khas Bandung, Jawa Barat ini menarik perhatian publik setelah seorang pria bernama Ade Londok membuat review super unik. Dalam video yang beredar di lini masa, dia bahkan mengatakan bahwa orang-orang yang makan odading Mang Oleh akan menjadi superhero Iron Man.

Saking ramainya, para pembeli rela antre panjang untuk bisa membeli odading viral tersebut. Jika Anda ingin mencicipi odading tesebut dan malas untuk antre, Anda bisa membuatnya sendiri di rumahBahan-bahannya juga praktis dan mudah ditemui di warung-warung sekitar tempat tinggal kalian.

Pada dasarnya, odading merupakan sebuah kudapan yang terbuat dari tepung terigu. Odading hadir dalam berbagai bentuk-namun umumnya kotak-dan hadir dengan tekstur yang empuk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Bakso Mercon

Bakso menjadi salah satu resep yang paling dicari di Google Indonesia sepanjang 2020. Bakso memang termasuk makanan favorit masyarakat Indonesia.

Sebutan bakso mercon merujuk pada bakso yang berisi cabai sehingga rasanya cenderung pedas. Meski banyak yang menjual bakso mercon, Anda bisa membuatnya di rumah karena bahan-bahan dan proses pembuatannya mudah didapat dan tak rumit.

5. Rendang Sapi

Daging sapi lebih mudah diolah dibandingkan daging kambing. Hal ini disebabkan karena daging kambing cenderung punya aroma lebih kuat sehingga lebih tricky saat diolah menjadi aneka hidangan.Sedangkan daging sapi, Anda bisa mengolahnya menjadi rendang sapi yang enak.

Rasa yang dihasilkan dari resep masakan rendang daging sapi memang tidak perlu diragukan lagi. Makanan khas Sumatra Barat ini memang sangat kaya akan rempah dan membuat ketagihan. Tapi memang untuk mencoba resep masakan rendang daging sapi tersebut tidak bisa cepat dalam proses pembuatannya.

Meski begitu bahan-bahannya mudah didapat. Di toko-toko, pasar tradisional, hingga minimarket sudah menyediakan berbagai bumbu resep masakan rendang daging sapi tersebut.

6. Nastar

Kue nastar merupakan salah satu kue kering lebaran yang paling digemari di Indonesia. Hampir bisa dipastikan kalau kue kering satu ini pasti ada di meja tamu atau toples saat Lebaran. Rasa gurih mentega dari kulit yang dipadu dengan manis asamnya selai nanas yang jadi isian membuat Anda tak bisa berhenti mengunyahnya.

Bahan dan resep untuk membuat kue nastar pun sebenarnya cukup sederhana. Tidak beda jauh dengan bahan untuk membuat kue kering Lebaran lainnya. Membuat kue nastar tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu cukup mengumpulkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan, dan mengikuti langkah-langkah mudah yang perlu diterapkan saat membuat nastar.

7. Martabak Teflon

Siapa yang tak suka dengan martabak manis? Makanan ini termasuk jajanan pinggir jalan paling populer di Indonesia. Sebenarnya martabak manis termasuk kue yang cukup mudah dibuat. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak ada loyang martabak, panci teflon pun jadi. Dan dengan resep yang tepat, martabak ini bisa bersarang/berambut, berwarna kuning cantik, dan selegit buatan kedai kaki lima.

3 dari 4 halaman

8. Pie Susu Teflon

Pie susu sering menjadi oleh-oleh andalan bagi mereka yang baru pulang dari Pulau Dewata Bali. Namun tak selalu harus ke Bali, Anda bisa membuat sendiri camilan ini di rumah. Dengan menggunakan teflon, bentuk pie susu juga akan rata dan bagus, persis seperti pie susu yang Anda beli untuk buah tangan.

9. Pempek Dos

Pempek termasuk kuliner populer dari Palembang, Sumatera Selatan, dikenal sebagai hidangan berbahan dasar ikan yang nikmat dan menjadi favorit banyak orang.Kalau Anda termasuk penggemar pempek dan ingin membuatnya di rumah, ada cara sederhana dan ekonomis dalam membuat hidangan khas Palembang ini.

Buat saja Pempek Dos, yaitu pempek yang dibuat tanpa menggunakan ikan. Meski tanpa ikan, rasa pempek dos tetap lezat dan bikin nagih. Buktinya, resep membuat pempek dos termasuk resep paling banyak dicari di mesin pencarian Google Indonesia sepanjang 2020.

10. Pizza Rumahan

Anda mungkin sering membeli pizza di restoran maupun gerai pizza. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki oven, karena pizza bisa dibuat dengan berbagai peralatan lainnya. Anda bisa menggunakan beberapa alat alternatif seperi teflon, wajan, dan rice cooker.

Cara membuat pizza rumahan tidak begitu sulit dipraktikkan. Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan, serta mengikuti langkah-langkahnya. Anda juga bisa memilih beberapa bahan yang dibutuhkan agar sesuai selera. 

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.