Sukses

Berapa Lama Durasi Olahraga untuk Bantu Turunkan Berat Badan Menurut Studi?

Sebuah studi menjelaskan berolahraga dengan durasi ini dapat membantu misi Anda dalam menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga jadi salah satu kunci utama dalam menurunkan berat badan. Selain itu, upaya lain yang dapat ditempuh adalah mengubah pola makan dan menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Dilansir dari Times of India, Senin, 14 Desember 2020, tak sedikit orang yang bingung ketika harus berolahraga untuk menurunkan berat badan. Kebimbangan itu apakah harus ikut sesi HIIT untuk pembakaran kalori cepat atau aktivitas lainnya.

Menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, seseorang perlu menghabiskan banyak waktu di lapangan untuk mengeluarkan keringat untuk menurunkan berat badan.

Agar kehilangan sekitar 1 pon atau sekitar setengah kilogram per minggu, mereka perlu membakar 3000 kalori, yang membutuhkan banyak olahraga. Sesuai penelitian, untuk membakar kalori sebanyak ini, seseorang perlu berolahraga sekitar 300 menit setiap minggu atau satu jam per minggu selama lima hari.

Studi ini dilakukan 44 orang dewasa yang berusia 18--49 tahun. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok, satu yang berolahraga enam hari per minggu, yang lain yang berolahraga dua hari per minggu dan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Para peserta diizinkan memilih olahraga yang diinginkan, seperti lari atau sekadar jalan kaki. Pada akhirnya, ditemukan orang-orang yang termasuk dalam kelompok pertama membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih banyak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olahraga yang Disukai

Hal terpenting yang ditemukan selama penelitian adalah perubahan tingkat leptin di antara mereka yang berolahraga. Leptin merupakan salah satu hormon terpenting dalam tubuh Anda.

Hormon ini mengirimkan sinyal ke otak saat Anda tidak lapar dan Anda berhenti makan. Sementara, dalam hal olahraga untuk menurunkan berat badan, Anda dapat memilih apapun yang Anda sukai.

Anda bisa memilih untuk lari, bersepeda, juga jalan kaki. Semua aktivitas fisik tersebut dapat membantu Anda mengurangi berat badan, cukup konsisten dan lakukan dalam waktu yang cukup lama.

Namun perlu diingat, berolahraga saja tidak bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk menciptakan kesenjangan kalori, Anda juga perlu makan dengan sehat dan dalam jumlah terbatas.

3 dari 3 halaman

Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.