Jangan Abaikan Kualitas Air Bila Ingin Seruput Kopi Enak

Oleh Putu Elmira pada 15 Des 2020, 06:02 WIB
Diperbarui 15 Des 2020, 06:02 WIB
minum kopi
Perbesar
ilustrasi secangkir kopi/Photo by Brigitte Tohm on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi kopi dewasa ini begitu meningkat tajam dan meluas ke berbagai lapisan masyarakat. Karena tingginya permintaan, tidak heran kedai kopi juga kian menjamur.

Dalam pembuatannya, sederet hal yang wajib jadi perhatian. Mulai dari pemilihan biji kopi yang baik, teknik yang tepat, penggilingan yang tepat, hingga kualitas air, semua harus diperhatikan

Dilansir dari laman Barista Institute, Senin, 14 Desember 2020, ada sekitar 98 persen air di dalam secangkir kopi. Hal tersebut menunjukkan kualitas air berperan signifikan terhadap cita rasa kopi.

Air untuk menyeduh kopi harus bersih dan segar, menurut rasa, bau, dan tampilan. Juga harus food grade dan terlebih tidak boleh ada klorin, kloramin, dan hipoklorit di dalam air.

Lantas, apa saja yang ada di air yang memengaruhi rasa atau kualitas kopi? Sebut saja zat dari tanah misalnya mineral dan zat organik lainnya hingga zat dari pengolahan air, misalnya klorin, yang ditambahkan ke pipa air utama untuk menjaga standar kualitas mikrobiologis

Ada pula sistem pasokan air, misalnya tembaga besi. Tak ketinggalan, hal yang ada di dalam air yang dapat memegaruhi rasa atau kualitas kopi adalah residu dari polusi serta mikroba, yang tidak berbahaya.

2 dari 4 halaman

Di Balik Peran Air

[Fimela] kopi
Perbesar
Ilustrasi minum kopi | unsplash.com/@asthetik

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, ketika menyeduh kopi, senyawa yang ada di dalam air akan mengikat komponen-komponen dalam kopi. Hal ini akan menciptakan cita rasa minuman yang lebih beraroma dan kaya.

Penting untuk menggunakan air dengan kandungan mineral yang dapat mengikat dan mengekstraksi kopi dengan lebih baik. Kandungan seperti kalsium dan magnesium kerap diasosiasikan sebagai dua komponen kimia yang berperan dalam meningkatkan efisiensi ekstraksi kopi. Kedua senyawa ini dapat kita temukan pada air mineral.

"Adanya kandungan mineral dalam air saat menyeduh kopi hitam dapat meningkatkan rasa minuman secara signifikan. Kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks danjuga seimbang antara asam, manis dan pahit," kata Muhammad Aga, barista berprestasi sekaligus pemilik toko kopi SMITH.

Aga melanjutkan, keseimbangan kandungan mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma yang nikmat saat dihirup.

Specialty Coffee Association of America (SCAA) menyarankan memakai air yang mengandung 50-150 part per million (ppm) mineral untuk meracik kopi berkualitas superior. Jika angkanya terlalu tinggi, maka akan membuat kopi dengan rasa yang terlalu tebal, sementara angka yang terlewat rendah membuat kopi terasa encer.

"Selain dibutuhkan oleh tubuh, ternyata mineral yang ada di dalam air dapat meningkatkan cita rasa kopi yang kita minum. Air mineral AQUA berada tepat di rentang pembuatan kopi yang ideal berdasarkan SCAA, juga dapat membantu menjaga kualitas mesin kopi agar lebih tahan lama," kata Dion Sugianto Product Development Manager dari Research and Innovation AQUA.

3 dari 4 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

Infografis Manfaat Detoks Kopi
Perbesar
Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait