Misteri Bangunan Bercat Putih yang Disebut Rumah Paling Sepi di Dunia di Islandia

Oleh Komarudin pada 12 Des 2020, 14:32 WIB
Diperbarui 12 Des 2020, 14:46 WIB
Rumah paling kesepian di dunia
Perbesar
Rumah di Islandia yang mendapat julukan tak resmi sebagai rumah paling kesepian di dunia (dok.wikimedia commons/Vestmannaeyjar)

Liputan6.com, Jakarta - Foto-foto rumah putih sendirian yang misterius di sisi bukit hijau, di pulau kecil terpencil yang dikelilingi oleh lautan telah beredar di internet selama bertahun-tahun. Hal itu yang membuat tempat itu mendapat julukan secara tak resmi “rumah paling sepi di dunia”.

Kepulauan Vestmannaeyjar terdiri dari sekelompok pulau kecil di lepas pantai selatan Islandia. Elliðaey (atau Ellirey) adalah yang paling timur laut dari pulau-pulau ini. Di sana terdapat satu rumah ikonik yang terletak sendirian di padang rumput dan landai, dikutip dari laman Oddity Central, Sabtu (12/12/2020).

Ini adalah tempat yang sangat indah yang tetap tak berpenghuni sejak tahun 1930-an, yang hanya membuat keberadaan bangunan itu tampaknya terawat baik ini kian membingungkan.

Selama bertahun-tahun, rumor dan teori tentang rumah sepi di Pulau Elliðaey, telah beredar di internet. Di antaranya, dibangun oleh seorang pengusaha eksentrik sebagai tempat penampungan kiamat zombie, atau bahwa itu adalah milik seorang fanatik beragama.

Penyanyi Islandia Bjork pernah dikabarkan memiliki pulau itu mundur dan bahkan bernegosiasi dengan pihak berwenang untuk membeli pulau itu. Tak satu pun dari teori di atas yang ternyata benar.

Kisah nyata tentang rumah paling sepi di dunia tidak sebanding dengan teori konspirasi semacam itu. Ini sebenarnya hanya sebuah pondok berburu yang dibangun pada 1950-an oleh Asosiasi Berburu Elliðaey. Anggotanya menggunakan tempat itu saat mereka datang ke pulau terpencil untuk berburu burung puffin. Tidak jelas bagaimana pulau itu bahkan memiliki asosiasi berburu, mengingat tidak ada yang tinggal di sana.

 

Masih Misteri

Rumah paling kesepian di dunia
Perbesar
Rumah paling kesepian di dunia (dok.instagram/@fiebreviajera/https://www.instagram.com/p/CIi66nyHiNk/Komarudin)

Menariknya, segelintir keluarga benar-benar tinggal di Pulau Elliðaey hingga tahun 1930-an. Mereka akhirnya memutuskan untuk pindah ke wilayah yang lebih padat di Islandia, untuk mencari peluang yang lebih baik. 

Meskipun pondok berburu Elliðaey terus dipertahankan dalam kondisi baik oleh asosiasi berburu pulau, itu tetap bukan rumah ternyaman di dunia. Hidup di antah berantah memang memiliki keistimewaannya, tetapi listrik, air ledeng, atau pipa ledeng dalam ruangan jelas tidak ada di antara mereka.

Itu memang memiliki sauna, meskipun, diberi makan oleh sistem pengumpulan air hujan, dan bahkan pagar di sekitarnya, yang sangat aneh, mengingat tidak ada orang yang tinggal di sana.

Karena Pulau Elliðaey adalah daerah bersarang utama bagi petrel badai dan burung laut lainnya, ia terdaftar sebagai cagar alam dan kawasan lindung, tetapi hal itu tampaknya tidak menghentikan anggota Asosiasi Perburuan Elliðaey untuk mendatanginya dan berburu burung-burung.

Namun, jika Anda hanya ingin mengagumi keindahan alam tempat ini, perusahaan tur yang beroperasi di kepulauan Vestmannaejar menawarkan perjalanan sehari ke beberapa pulau terpencil ini. Ya, begitulah, rumah paling sepi di dunia ini memang sangat sepi, tapi tidak ada hal lain yang benar-benar istimewa darinya.

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓