Sukses

Makna Topeng Unik yang Dipakai Nadine Chandrawinata di Bali

Bukan dari Bali, topeng unik yang dipakai Nadine Chandrawinata berasal dari Kalimantan dan punya arti khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Nadine Chandrawinata termasuk selebritas penyuka traveling. Ia pun sering mengunggah foto dan video saat sedang bepergian di sejumlah tempat wisata di media sosial. Yang terbaru, Nadine mengunggah foto-foto liburan di Bali bersama sang suami, Dimas Anggara.

Dalam unggahan pada 9 Desember 2020, Nadine tampil anggun dengan balutan kebaya tradisional Bali Tidak hanya anggun berkebaya, Nadine Chandrawinata ini tampil unik dengan menggunakan topeng unik yang disebutnya sebagai topeng Hudoq khas Kalimantan Timur.

Dalam keterangan fotonya kakak Marcel dan Misca Chandrawinata menjelaskan, Hudoq adalah topeng tolak bala dan pengusir hama di tradisi agraris Kalimantan, maknanya adalah menjelma menjadi ruh burung, singa atau tikus.

Bentuk dari Hudoq juga punya arti khusus. Nadine menjelaskan bentuk pada topeng hudoq mewakili simbol maskulin, dia adalah pelengkap sisi lainya yaitu feminin dalam hal ini alam - bumi.

Hudoq yang dipakai terlihat serasi dengan kebaya tradisional Bali yang dikenakan wanita berusia 36 tahun itu. Berbahan brukat khas kebaya tradisional Bali, kulit Nadine nampak menawan dengan pilihan warna putih.

Untuk rambutnya, Puteri Indonesia 2005 ini memilih gaya hair bun yang ditata rapi di atas kepalanya. Pada foto pertama, Nadine terlihat berdiri di antara dedaunan dan berpose menatap kamera. Sementara di foto kedua Nadine terlihat berpose candid atau tidak menatap kamera.

"Masa pandemi ini, seperti halnya hudoq melindungi dari hama, masker salah satu upaya kita dalam merespon dan melindungi diri kita dari virus. Tradisi dari masa lalu adalah pesan kearifan bagi generasi setelahnya," tulis Nadine Chandrawinata dalam keterangan fotonya.

Meski disebut sebagai topeng, dari bentuknya Hudoq juga bisa berfungsi sebagai masker yang tentunya wajib dipakai saat bepergian di masa pandemi corona Covid-19 ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Mischa Chandrawinata

Penampilan unik Nadine mampu menarik perhatian warganet. Ada yang memuji, baru pertama kali melihat Hudoq sampai mengungkapkan kebanggannya menjadi orang Kalimantan.

"Masker sekaligus penjaga jarak. Rawing2 sampingnya itu lho panjang aja. Tapi keren kok. 👍" komentar pemilik akun @upay231177.

"@nadinelist terima kasih telah mengangkat salah satu tradisi kami, saya bangga jadi orang Kalimantan 👍" komentar akun @mommy.dinan. Tak ketinggalan, sang adik, Mischa Chandrawinata juga memberikan komentarnya."Keren abisssss," tulis Mischa singkat. 

Sembari berlibur bersama Dimas Anggara, Nadine Chandrawinata juga mempromosikan protokol Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE). Protokol kesehatan tersebut ditujukkan untuk masyarakat yang kini mulai nampak kembali berwisata menyambut era New Normal.

"Bahgia banget kembali lagi ke alam yang sekeren ini buat menginformasikan protokol CHSE. Tapi sementara kita ikuti anjuran pemerintah dulu ya di masa seperti ini. Karena alam gak akan kemana-mana, mereka malah akan "semakin keren" nantinya jika keadaan pandemi ini sudah membaik," tulis Nadine Chandrawinata di akun Instagramnya pada 8 Oktober 2020. Saat itu, ia menuliskan sedang berada di Ciwidey, Jawa Barat, bersama Dimas Anggara.

3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.