Sukses

YouTuber Korea Banjir Kritik karena Dietnya Cuma Bikin Berat Badan Turun 5 Kg

Si YouTuber Korea dituduh tak serius dan malas-malasan dalam menjalankan diet guna menurunkan berat badannya.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Holy, YouTuber Korea yang biasanya dikenal lewat video tutorial makeup. Kendati demikian, terdapat pula ragam konten berbeda di kanalnya, mulai dari vlog hingga makanan. Ia telah mengumpulkan pengikut hampir 600 ribu karena berbagai jenis videonya.

Baru-baru ini, ia berpasangan dengan YouTuber lain, JJ, yang terkenal dengan konten terkait kebugaran, untuk menggarap genre video baru. Keduanya bekerja sama melakukan tiga bulan perjalanan bagi Holy untuk menurunkan berat badan.

Dalam 11 episode seri berjudul Save Me Fat, dua pembuat konten mendokumentasikan proses transformasi penurunan berat badan Holy. Di episode terakhir, yang dirilis dua minggu lalu, Holy mengejutkan penonton dengan memamerkan tubuh barunya setelah kehilangan lima kilogram (kg).

Namun, dengan tak terduga, warganet malah menunjukkan kekecewaan mereka, mengkritik YouTuber itu karena tak mengurangi bobotnya. Mereka menyatakan bahwa Holy tak menganggap serius diet tersebut.

Jika dilakukan dengan serius, Holy dikatakan sanggup kehilangan berat badan jauh lebih banyak dari angka yang diungkap. "Bukankah Anda merekam mukbang selama diet Anda?" tulis salah satunya. "Bagaimana Anda bisa menganggap ini sukses?" sambung yang lain. "Ini adalah upaya paling malas untuk diet," timpal seorang pengguna YouTube.

Rentetan kritik ini begitu ekstrem sehingga Holy dan JJ memutuskan bahwa mereka perlu mengatasi semuanya. JJ, yang juga jadi sasaran komentar jahat, menyalahkan dirinya sendiri dalam sebuah video YouTube.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkat Bicara

JJ meminta maaf dengan menyatakan, "Semua kesalahan dan kekecewaan seharusnya ditujukan pada saya. Saya percaya bahwa sebagai pelatih, saya harus bertanggung jawab. Saya minta maaf atas semua kekecewaan yang terjadi."

Situasinya, bagaimana pun, jadi lebih buruk karena Holy tetap diam selama dua minggu setelah kontroversi berlangsung. Ia akhirnya menanggapi di bagian komentar di video JJ untuk mengatasi semua reaksi balik tersebut.

"Saya sadar bahwa diam selama dua minggu memperburuk situasi. Saya belum pernah menghadapi situasi seperti ini sebelumnya. Saya tak tahu apa tindakan yang tepat dan mencoba memikirkannya membuat saya gila," tulisnya.

"Saya ingin menggunakan waktu ini untuk mengklarifikasi beberapa hal. Saya mengetik komentar beberapa kali sehari, mengeditnya, memikirkan apakah saya harus mengunggahnya atau tidak. Emosi saya jadi kabur karena saya tak tahu apa yang harus saya katakan," sambung Holy.

Itulah mengapa dirinya mengklaim membutuhkan lebih banyak waktu. "Pada saat itu, ada juga laporan berita yang dirilis dan saya memeriksa semua komentar tanpa filter. Saya merasa sangat malu," tambahnya.

Ia mengaku mengalami kesulitan menerima ragam pilihan kata dalam kritik yang dilayangkan, termasuk tak bertanggung jawab, bodoh, dan lemah. Lebih dari itu, si YouTuber merasa sangat kasihan pada keluarga, teman, dan rekan kerja yang wajahnya terungkap. "Kepada mereka yang mendorong dan mencintai saya, saya minta maaf," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.