Sukses

Air Terjun Lapopu di Sumba Tutup Sementara karena Banjir

Air terjun Lapopu belum dibuka untuk umum sejak dilanda banjir beberapa hari lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan secara terus-menerus di sejumlah kawasan di Indonesia telah menyebabkan banjir hingga merobohkan jembatan. Banjir juga melanda objek wisata Air Terjun Lapopu di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Destinasi wisata alam ini mengalami banjir besar yang mengakibatkan jembatan penghubung ke air terjun roboh dan terbawa banjir. "Sambil menunggu pengumuman resmi, bagi sobat kaka yang ingin berwisata ke air terjun ini, sebaiknya tunda dulu yaa," tulis akun @tamannasional_matalawa.

"Airnya keruh dan sobat tidak bisa lanjut jalan ke luncuran air terjun, jadi foto-fotonya kurang hype," imbuh akun tersebut.

Sementara itu, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Lawang Wanggameti lewat suratnya mengumumkan penutupan sementara Air Terjun Lapopu. Hingga kini belum diketahui kapan tujuan wisata itu akan dibuka kembali.

"Yang udah terlanjur datang ke Sumba, tenang aja, masih banyak objek wisata lain yang bisa kamu kunjungi. Tetap semangat dan tetap jaga kesehatan yaa. Patuhi protokol kesehatan sepanjang waktu," tulis keterangan dalam akun taman nasional itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demi Keselamatan

Dalam surat yang diunggah akun tersebut, ada beberapa poin penting yang ditulis terkait penutupan Air Terjun Lapopu. Pertama, curah hujan beberapa hari terakhir terus meningkat sehingga mengakibatkan debit air mengalami peningkatan signifikan.

Kedua, peningkatan debit air mengakibatkan banjir lumpur dari mata air dan dasar sungai, serta menghanyutkan jembatan sebagai salah satunya akses menuju luncuran Air Terjun Lapopu.

Ketiga, demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung. Pembukaan akan ditentukan kemudian.

Nama Air Terjun Lapopu kian melejit karena sempat jadi lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas garapan sutradara Ifa Isfansyah. Ini merupakan jenis air terjun bertingkat yang jatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 90 meter.

3 dari 3 halaman

Liburan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.