Sukses

5 Alasan Pentingnya Ibu Perlu Menikmati Waktu Sendiri

Selain mengurus rumah, suami, dan buah hati, seorang ibu juga perlu untuk punya 'me time' atau waktu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam tantangan yang dihadapi perempuan dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu. Kerap diselimuti dengan kegiatan sehari-hari, seperti mengurus rumah, anak, dan suami, di sisi lain, seorang ibu juga perlu untuk menikmati waktu sendiri.

Momen 'me time' dapat dilakukan sesuai dengan keinginan dan kenyamanan masing-masing ibu. Para ibu dapat menikmati waktu sendiri dengan memanjakan diri, seperti menonton televisi, membaca buku favorit, perawatan, dan lainnya.

Lantas, apa saja yang menjadi alasan pentingnya seorang ibu untuk dapat memiliki waktu sendiri? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Senin, 7 Desember 2020, berikut ini.

1. Momen mengisi kembali

Setelah momen yang melelahkan dengan berbagai kegiatan di rumah, Anda perlu menghemat energi untuk esok hari. Untuk kembali mengisi pikiran, jiwa, dan tubuh Anda, penting untuk menjaga diri dan memenuhi kebutuhan sendiri.

2. Sehat untuk bayi Anda

Bayi Anda juga perlu berada jauh dari Anda untuk beberapa waktu. Hal tersebut penting bagi anak Anda untuk mengembangkan ikatan emosional dengan orang lainnya.

Bayi Anda tidak dapat bergantung secara emosional pada Anda karena tidak akan memenuhi kesehatan mental dan perkembangan otaknya. Maka dari itu, penting bagi anak Anda untuk berada jauh dari ibunya hanya untuk beberapa jam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bantu terhubung kembali dengan pasangan

Membesarkan anak berarti ada lebih sedikit waktu untuk dihabiskan dengan orang terkasih. Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk pergi kencan dengan pasangan Anda atau sekadar menonton film maraton di rumah.

4. Buat Anda jadi ibu yang lebih baik

Untuk membesarkan anak membutuhkan energi, kesabaran dan pikiran yang sehat. Agar anak-anak Anda memiliki semua ini, penting bagi Anda untuk menanamkan kebiasaan tersebut pula.

Lewat menjaga diri sendiri, Anda menjaga kesehatan mental Anda sendiri. Lalu, baru menuangkan semua energi positif itu kepada anak-anak Anda.

5. Bayi Anda akan tumbuh dengan cara pandang yang berbeda

Menghabiskan waktu sendirian dan menyerahkan bayi Anda ke tangan kerabat yang dapat dipercaya atau babysitter Anda akan memberi bayi Anda perspektif yang berbeda. Anak Anda akan belajar memikirkan pendapat dan solusi sendiri yang penting untuk pola pikir mandiri.

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.