Sukses

3 Menu Olahan Brokoli Agar Lebih Lezat dan Tak Membosankan

Penyajian brokoli dianggap membosankan hingga tak membangkitkan nafsu makan padahal termasuk sayuran yang menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Brokoli termasuk salah satu sayuran super. Sayuran ini rendah kalori tetapi mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang mendukung banyak aspek kesehatan manusia.

Dilansir dari Medical News Today, brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu mencegah perkembangan berbagai kondisi seperti kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker dan kondisi lainnya. Sayuran hijau ini sangat kaya vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Sayangnya, brokoli cenderung dianggap sebagai menu yang membosankan. Padahal, brokoli selain dikukus, brokoli juga bisa ditumis atau jadi campuran sup ayam atau daging.

Untuk membuat seluruh keluarga, terutama anak-anak semangat menyantap brokoli, Anda bisa mengolahnya dengan cara berbeda. Agar tak membosankan, berikut beberapa rekomendasi mengolah brokoli dengan cara berbeda yang dikutip dari laman dream.co.id, 4 Desember 2020.

1. Muffin

Tak harus dibuat sayuran, brokoli juga bisa dibuat dalam bentuk kue. Anda bisa membuat muffin dengan campuran sayuran seperti brokoli di dalamya.

Adonannya seperti membuat muffin biasa, cukup tambahkan irisan brokoli dan keju. Camilan ini cocok anak yang malas makan sayur. Campurkan juga keju agar rasanya lebih gurih. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pizza

Anda juga bisa mengolah brokoli menjadi pizza. Anda bisa membuat pizza rumahan, bisa yang berbentuk mini atau yang lebar. Bisa membuat adonan pizza sendiri atau membeli yang sudah jadi.

Untuk toppingnya, cukup gunakan saus tomat, keju mozarella dan potongan brokoli. Jangan lupa taburkan lada dan bubuk oregano agar makin kaya rasa.

3. Brokoli keju panggang

Satu lagi menu olahan brokoli yang bisa dicoba adalah dengan campuran keju panggang. Caranya, taruh potongan brokoli segar dalam mangkuk kecil tahan panas.

Taburkan lada, garam dan bubuk jamur. Setelah itu taruh irisan keju mozarella di atasnya. Panggang di microwave selama lima menit atau sampai keju meleleh. Rasa brokoli akan terasa sangat nikmat, apalagi disantap saat masih hangat.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.