Sukses

Cerita Warga Inggris Bersihkan Pantai di Arab Saudi Selama 27 Tahun

Walker berinisiatif untuk membersihkan pantai tiap akhir pekan atau hari libur selama ia tinggal di Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta -  Seorang warga Inggris baru-baru ini mendapat penghargaan dari pemerintah Arab Saudi. Pria bernama Neil Walker itu baru saja diganjar sertifikat pengakuan atas upayanya untuk menjaga kebersihan pantai Alkhobar selama 27 tahun terakhir.

Wali Kota Provinsi Timur Fahd Al-Jubair menghadiahkan Walker dengan sertifikatnya dan berterima kasih atas jasanya terhadap lingkungan wilayah Kerajaan Arab Saudi.  Walker pun siap kembali ke Inggris setelah lebih dari seperempat abad berada di Arab Saudi

"Kami ingin menghormati semua upaya untuk melindungi lingkungan dan untuk mengakui inisiatif kreatif yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan baik dari warga negara Arab Saudi atau warga ekspatriat," ucap Al-Jubair seperti dilansir dari Arab News, 4 Desember 2020.

Ia pun berharap semua anggota masyarakat untuk bekerja sama melindungi lingkungan. Walker menjelaskan kalau aktivitas membersihkan pantai telah difokuskan di area di selatan Half Moon Bay sejak dia pindah ke area tersebut karena bekerja di sebuah perusahaan di sana.

"Selama 27 tahun terakhir saya sudah mengunjungi hamparan pantai di daerah itu untuk menikmati liburan di pantai yang indah, sambil memandang Teluk Arab yang megah," ujarnya.

Sayangnya, semua itu dirusak oleh sampah dan sampah buatan manusia. Walker pun berinisiatif untuk membersihkan pantai tiap akhir pekan atau hari libur selama ia tinggal di sana. Kini setelah pensiun dari pekerjaannya, Neil Walker akan segera kembali ke Inggris dengan kebanggaan tersendiri.

Kemajuan industri yang pesat di daerah tersebut telah menimbulkan banyak tantangan lingkungan yang membutuhkan campur tangan manusia. Hal yang sederhana seperti pembersihan pantai secara rutin diperlukan untuk memastikan kelestarian dan perlindungan lingkungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merasa Terhormat

"Menurut saya sekarang sudah ada sedikit peningkatan, tapi masih banyak yang harus dilakukan dan mudah-mudahan publisitas yang saya terima akan bermanfaat untuk tujuan ini," kata Walker.

Ia merasa terhormat diakui atas kontribusinya dalam membersihkan pantai. Walker menambahkan, sebagian besar masyarakat tidak sadar dan terbiasa dengan pembersihan orang lain. Banyak yang mengira itu adalah tanggung jawab orang lain, pandangan seperti ini perlu diubah.

Pemerintah kota Provinsi Timur Arab Saudi sebelumnya telah mengakui upaya 200 warga Filipina selama bertahun-tahun untuk membantu membersihkan pantai dan meningkatkan kesadaran di antara penduduk lainnya.

Seperti beberapa kota lain di Indonesia, pemerintah Arab Saudi telah meluncurkan sejumlah inisiatif yang bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga area publik termasuk tempat wisata agar bebas dari sampah untuk lebih melestarikan lingkungan.

3 dari 3 halaman

Infografis Reklamasi Pantai Utara Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.