Sukses

Bahaya Kelamaan Duduk Saat Bekerja di Rumah dan Cara Mencegahnya

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan peredaran darah menuju jantung menjadi terganggu.

Liputan6.com, Jakarta -  Di masa pandemi corona Covid-19 ini, banyak orang yang harus bekerja di runah untuk sementara waktu. Work from Home(WFH) atau bekerja dari rumah memang dianjurkan untuk mengurangi risiko tertular di virus corona. Bagi sebagian orang, bekerja di rumah dinilai lebih nyaman.

Meski begitu, ada sejumlah risiko yang hars dihadapi kalau seseorang duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Dilansir dari laman Healthline, 5 Desember 2020, duduk terlalu lama bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti nyeri punggung hingga osteoporosis.

Duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko diabetes. wasir, menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada 2010 menunjukkan bahwa berjalan kurang dari 1.500 langkah per hari atau duduk dalam waktu yang lama tanpa mengurangi konsumsi kalori dapat meningkatkan resistensi insulin yang menyebabkan diabetes tipe-2.

Selain diabetes, terlalu banyak duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung yang cukup tinggi. Orang yang duduk terlalu lama memiliki risiko lebih besar untuk mengalami obesitas, karena saat duduk, tidak ada kalori yang terbakar. Apalagi jika makan berlebihan tidak diimbangi dengan olahraga teratur. Lemak akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

Saat duduk, tidak banyak otot yang digerakan seperti saat melakukan aktivitas lain. Hal ini membuat otot lama kelamaan akan melemah. Selain itu, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan peredaran darah menuju jantung menjadi terganggu. Dampaknya, darah akan berkumpul di pembuluh darah kaki dan membengkak sehingga menyebabkan varises.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Langkah Simpel

Dampak lainnya dari duduk terlalu lama, tulang leher dan punggung akan terasa nyeri. Sedangkan untuk orang tua yang terlalu banyak duduk dan kurang bergerak berisiko mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis lebih dini.

Sebagian orang terkadang tidak memiliki pilihan karena harus melakukan kegiatan yang membuatnya harus tetap duduk dalam waktu yang lama.

Untuk menghindari berbagai penyakit karena terlalu lama duduk bisa melakukan tiga langkah yang simpel tapi sebaiknya rutin dilakukan. Pertama, lakukan peregangan dan istirahat setidaknya 30 menit sekali.

Yang kedua, cobalah untuk menggunakan standing desk, meja yang tinggi, atau counter. Dan ketiga, selingi dengan berjalan untuk mengambil air minum atau ke pergi ke toilet

3 dari 3 halaman

PNS Bekerja dari Rumah Bakal Efektif?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.