Sukses

Lebih Baik Mana, CCTV atau IP Camera untuk Keamanan Rumah

Berikut ini perbedaan CCTV dan IP Camera.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan Sistem closed circuit television (CCTV) kini menjadi kebutuhan hidup di perkotaan. Soalnya, penggunaan CCTV bisa menjadi alat keamanan di rumah bahkan di kantor. Melalui CCTV, kita bisa memantau aktivitas sehari-hari yang direkam dalam perangkat tersebut. 

Senada dengan CCTV, kini muncul pula IP Camera. Dengan manfaat yang sama, IP Camera memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah, bagi kamu yang memiliki rencana untuk memasang sistem keamanan, lebih baik mana CCTV atau IP Camera? Berikut penjelasannya.

Perbedaan 

Kedua perangkat tersebut memiliki manfaat yang sama yaitu bisa merekam semua kegiatan yang masuk dalam radar kamera. Namun, untuk CCTV memiliki sistem pengawasan mengirimkan umpan dari kamera keamanan yang terhubung ke lokasi tertentu. 

Jaringan kamera keamanan membentuk sistem yang lengkap dan sinyalnya tidak didistribusikan secara publik ke penerima luar. 

Bicara kualitas video, CCTV direkam pada format DVR dengan resolusi rendah. Untuk mendapatkan hasil rekaman video, CCTV menggunakan kabel Coax atau UTP. Terlebih, cakupan CCTV harus di satu lokasi dan menggunakan sinyal siaran televisi. 

Berbeda dengan IP Camera atau Internet Protocol Camera. Perangkat video digital ini mampu mengirimkan hasil rekaman video melalui jaringan komputer dan disimpan secara digital. 

IP Camera juga lebih fleksibel untuk menghubungkan kamera tambahan atau sistem lain dan aplikasi penyimpanan. IP Camera juga bisa disandingkan dengan CCTV untuk mendapatkan blindspot tertentu.

Jadi, perbedaan IP Camera dan CCTV pada pengiriman video yang bisa melalui internet. Selain itu, penyimpanan bisa di beberapa lokasi, berbeda dengan CCTV hanya bisa ditaruh satu lokasi. 

IP Camera juga memiliki resolusi night vision dengan kualitas gambar 1080P dan bisa menyiarkan hasil rekaman video secara digital. 

Kesimpulannya, jika kamu ingin memiliki perangkat sistem keamanan dengan resolusi kamera yang bagus, kamu bisa memilih IP Camera. Namun tak ada salahnya jika mengharuskan menggunakan CCTV untuk aktivitas lainnya. 

Mudah didapatkan 

Kini sudah banyak IP Camera di pasaran, namun untuk mendapatkan kualitas pada sistem keamanan rumah maupun kantor, kamu bisa membeli IP Camera di Bardi Smarthome Indonesia

Di sana, kamu bisa mendapatkan IP Camera dengan berbagai jenis. Mulai dari IP Camera IDR – IPC – STC. Pada jenis ini, kamu bisa mendapatkan kamera pintar yang mampu menyalurkan video beserta suara kepada smartphone milikmu. Jenis ini juga mampu memiliki kapasitas penyimpanan sampai 128GB. Jika suasana gambar mulai gelap, IP Camera ini otomatis beralih ke mode night vision. 

Selain itu, ada IPCAM Indoor PTZ. Memiliki kualitas 1080P dengan mode night vision, jenis IP Camera ini mampu menyalurkan suara ke smartphone milikmu. Dengan kapasitas penyimpanan sampai 128GB, jenis ini sangat mudah di pasang. Mulai dari di plafon maupun di tembok rumah. 

Bardi Smart IP Camera ini juga memiliki orientasi video dalam aplikasi yang bisa diputar 360° untuk fitur pan serta tilt 60° lebih luas dan bebas dalam melakukan pengawasan. Agar kamera dapat berfungsi dengan ideal, jangan lupa men-download aplikasi dan disambungkan dengan koneksi WIFI 2.4Ghz!

Terakhir ada, IPCAM Outdoor STC. Memiliki kualitas dari kedua jenis di atas, jenis ini sangat cocok untuk di taruh pada outdoor. Untuk menggunakan kamera ini sangatlah mudah dan praktis, Anda hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik dan memposisikannya sesuai keinginan, baik itu digantung di plafon maupun dipasang pada tembok dengan orientasi video dalam aplikasi bisa diputar 130° sesuai penempatan. 

Jangan lupa juga untuk men-download aplikasi dan disambungkan dengan koneksi WIFI 2.4Ghz untuk mengoperasikan kamera dengan ideal.

Nah, kalau sudah begitu, kamu tinggal beli IP Camera untuk sistem keamanan rumahmu di Bardi Smarthome Indonesia. 

Tunggu apa lagi, Yuk Beli!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini