Sukses

Kebiasaan Anies Baswedan Makan di Warteg Sebelum Pandemi Corona Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata suka makan di warteg, apa saja menu yang disantapnya?

Liputan6.com, Jakarta -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas Jalan Suropati, Menteng, Jakarta Pusat karena positif corona Covid-19. Anies telah terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap atau PCR pada Selasa, 1 Desember 2020.

Seperti kebanyakan orang, Anies tentu melakukan penyesuaian selama pandemi, bahkan sebelum dinyatakan positif virus corona baru. Salah satu kebiasaan yang lama tak diperlihatkannya adalah menyantap makanan warung tegal atau warteg.

Warteg sendiri dikenal menjual makanan-makanan enak dengan harga murah. Anies beberapa kali mengunggah foto-foto dirinya sedang makan di warteg di akun Instagram-nya sebelum krisis kesehatan global melanda.

Dalan sebuah unggahan tahun lalu, Anies memperlihatkan foto dirinya sedang menyantap sarapan pagi di sebuah warteg di sekitar Pekojan, Tambora, Jakarta Barat.

"Karena perut terasa lapar, mampir sarapan di Warteg Barokah di sekitar Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Menu sarapan tadi nasi, ikan, orek tempe, telor asin, sayur bayam, dan segelas teh tawar hangat," tulisnya dalam keterangan foto.

Anies bahkan tak segan mengajak orang lain untuk makan di warteg. Seperti pada Juni 2018 lalu, ia mengajak Mantan Menteri ESDM Sudirman Said untuk makan siang di Warteg Nurul di kawasan Menteng, Jakarta Pusat,

Dalam foto yang diunggah di Instagram, baik Anies maupun Sudirman, tampak sangat menikmati menu yang keduanya pesan. Kala itu, Sudirman Said memesan nasi, sayur asam, bandeng, tahu, dan tempe orek. "Kebetulan beliau di Jakarta, saya ajak ketemuan sekaligus sambil makan siang karena sudah lama tidak ketemu" tulis Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga meyinergikan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) dan warteg, agar para pengusaha mikro di bidang kuliner itu akan lebih berkembang. "Mereka (para pengusaha warteg) memiliki skill tinggal memberikan pelatihan dan kepastian usaha. Saya yakin mereka akan lebih berkembang," tulis Anies Baswedan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warteg Favorit

Dari beberapa warteg yang pernah disinggahi, ternyata ada satu yang jadi favorit pria kelahiran 51 tahun lalu itu. Tempat yang dimaksud, yakni warteg Gewart Dago di kawasan Halim, Jakarta Timur.

"Warteg di Halim ini sudah terkenal enak (dan murahnya) sejak 30 tahun lalu, saya tadi pakai telor balado, kering tempe, semur tahu sama mie goreng," kata Anies dalam sebuah unggahan pada 10 September 2019.

Anies dan sejumlah staf lain ke Gewart Dago menggunakan sepeda. Mereka sepakat gowes setelah melakukan rapat koordinasi. Bukan hanya makan di Warteg, Anies juga pernah makan siang di warung gudeg di kawasan Matraman, Jakarta Timur.

Rumah makan ini bukan restoran mewah, tapi hanya warung gudeg yang sangat sederhana. Anies bahkan mengatakan bahwa gudeng tersebut adalah yang terlezat se-Jakarta.

"Gudeg ini makanan favorit, dan gudeg di Bu Darmo mungkin salah satu yang terlezat se-Jakarta, mengingatkan sewaktu masih di Yogya dulu. Penjual di warung ini adalah anak cucu dari Bu Darmo, penjual gudeg keliling di Pasar Pramuka pada tahun 1970-an.," tulis Anies Baswedan dalam unggahan pada Agustus 2019.

3 dari 3 halaman

Anies Baswedan Vs Pengembang Reklamasi Pulau H

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.