Sukses

5 Trik Mudah Bikin Kerja dari Rumah Makin Nyaman

Kerja dari rumah sendiri telah diterapkan sejak awal pandemi guna menekan transmisi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi corona Covid-19 membuat mereka yang bekerja telah akrab dengan penerapan work from home (WFH). Pelaksanaan kerja dari rumah ini tak jarang membuat orang menghabiskan waktu selama berjam-jam di depan laptop atau gawai.

Meski kerja dari rumah, penting untuk membuat suasana bekerja tetap nyaman dan menyenangkan. Hal tersebut dapat Anda siasati dengan memberi sentuhan simpel nan mudah di ruang kerja Anda.

Apa saja trik mudah membuat kerja dari rumah Anda kian terasa nyaman? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Times of India, Rabu, 2 Desember 2020.

1. Posisikan tubuh dengan benar

Posisi tubuh sangat penting saat kerja dari rumah karena posisi santai akan lebih nyaman daripada tertekuk. Tetap buat siku, lengan, bahu, juga pergelangan tangan Anda relaks sembari memegang mouse dan mengetik.

Jaga agar lutut Anda setinggi pinggul dengan kaki Anda ditopang oleh lantai atau sandaran kaki. Jika frame lebih rendah dari tinggi meja, maka dukung diri Anda dengan duduk di atas bantal.

2. Gerak tubuh

Putar kepala Anda searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam setidaknya 10 kali selama dua kali sehari. Cara ini akan membantu Anda meregangkan leher.

Peregangan adalah cara yang sangat baik untuk meredakan stres tubuh saat kerja dari rumah. Ganti posisi setiap kali Anda bekerja guna menjaga agar gerakan tubuh tetap aktif. Hal tersebut jauh lebih penting daripada duduk di satu tempat selama berjam-jam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Cari kursi yang mendukung

Penting untuk mencari berbagai gaya kursi kantor yang tersedia di pasaran. Jangan pernah duduk di tempat tidur saat bekerja dari rumah karena ini dapat menyebabkan masalah di bagian punggung Anda nantinya.

Temukan kursi yang baik dan mendukung agar dapat menutupi sebagian besar punggung Anda. Duduk di kursi cenderung rendah juga dapat menimbulkan masalah, jadi lebih baik cari kursi yang suportif.

3 dari 5 halaman

4. Jaga layar agar tetap tinggi

Menatap layar laptop dapat membuat mata Anda lelah. Selain itu, level mata Anda yang biasa juga bisa terpengaruh jika cenderung melihat ke arah yang salah. Bila memiringkan layar ke atas atau ke bawah, Anda juga akan sering mengalami nyeri leher.

Anda harus menjaga layar laptop setinggi mata Anda. Membeli keyboard atau mouse eksternal dapat jadi cara yang baik untuk memperbaiki masalah ini.

4 dari 5 halaman

5. Istirahat

Sering beristrahat jadi salah satu kunci untuk membuat kerja jarak jauh lebih nyaman. Anda bisa sembari berjalan-jalan di sekitar rumah atau sambil mengambil air.

Cara ini akan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik pada pekerjaan, daripada hanya duduk di satu tempat sepanjang hari. Langkah tersebut dapat mengisi kembali energi Anda secara positif.

5 dari 5 halaman

Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.