Sukses

Rahasia Perawatan Alami Kucing, dari Tubuh hingga Mulut

Tanpa sikat khusus tubuh dan gigi kucing tetap terawat dan putih cemerlang, apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta Kucing adalah binatang menggemaskan juga pintar, hewan peliharaan satu ini memang pandai membersihkan tubuhnya termasuk mulut. Ya, tanpa sikat khusus tubuh dan gigi kucing tetap terawat dan putih cemerlang, apa rahasianya?

Kucing memang terkenal sebagai hewan yang resik, bila tak begitu tentunya ia pasti akan mudah sakit dan tak menutup kemungkinan menularkan penyakit ke majikannya. Lalu apa rahasia kucing dalam merawat tubuhnya?

Jawabannya terletak di lidah kucing yang dirancang khusus dengan bentuk gerigi itu dan memberi manfaat luuar biasa bagi kucing, apa saja? Dengan bentuk seperti itu lidah kucing memiliki tekstur kasar seperti ampelas karena ditutupi dengan duri-duri kecil (filiform papillae).

Fungsi lidah tersebut bermacam-macam, mulai digunakan sebagai sisir rambut di tubuh, mengelupas daging dari tulang mangsa, serta berfungsi membersihkan gigi setelah makan. Berdasarkan studi dari Proceedings of the National Academy of Sciences dijelaskan, lidah kucing membantu ia untuk makan, minum, dan merawat diri (grooming). Tanpa ini, kucing akan kesulitan untuk tetap bersih, mencicipi makanan, atau tetap terhidrasi.

Setiap kali kucing menjilat bulu mereka, duri di lidah kucing akan menjebak kotoran dan rambut longgar, hal itu menjaga tubuh kucing bersih. Air liur kucing juga berperan sebagai antiseptik alami dan mampu menyembuhkan luka kecil dan lecet pada kulit kucing.

Meski begitu, bukan berarti gigi kucing selamanya bebas dari kuman. Sama seperti manusia, gigi kucing bisa terkena plak atau karang gigi. Plak dapat dibersihkan dengan menyikat gigi, namun menghilangkan penumpukan karang gigi memerlukan alat khusus dan hanya dapat dilakukan di dokter hewan.

Agar gigi kucing tidak terbebani oleh sisa kotoran dari sumber makanan yang aneh-aneh ada baiknya perlu memperhatikan asupan gizi kucing dengan seimbang dengan makanan khusus kucing rumahan. Seperti halnya Muezza, dry food yang cocok untuk kucing dewasa karena tinggi protein. 

Selain itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.