Sukses

Gunung Semeru Meletus, Intip Deretan Spot Wisata yang Bakal Dirindukan Pendaki

Kawasan Gunung Semeru menyuguhkan spot wisata dengan panorama yang super cantik. Namun, perjalanan sementara ditutup karena gunung di Lumajang ini meletus dan memuntahkan material vulkanik.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Semeru meletus pada Selasa dini hari, 1 Desember 2020. Gunung yang berada di Lumajang, Jawa Timur ini memuntahkan material vulkanik hingga mengeluarkan awan panas guguran.

Sebelumnya, Pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengumumkan penutupan sementara pendakian Gunung Semeru. Kabar ini dibagikan melalui unggahan Instagram pada Senin, 30 November 2020.

"Baru saja beberapa bulan kita berjumpa kembali dengan indahnya ranu kombolo dan sekitarnya, kali ini rindu itu harus tertunda kembali untuk sementara waktu ya," demikian bunyi keterangan unggahan.

Fenomena alam hingga penutupan tentunya tak semata membuat rindu sensasi mendaki, tapi juga menikmati lanskap sederet spot wisata di kawasan Gunung Semeru. Bagaimana tidak, destinasi wisata di sana menyuguhkan panorama yang begitu cantik dan indah.

Lantas, apa saja spot-spot wisata di Gunung Semeru itu? Simak rangkumannya berikut.

1. Ranu Pani

Ranu Pani tak jarang dipilih para pendaki jadi tempat persinggahan sebelum mencapai puncak. Ini adalah spot wisata danau yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Di desa ini, pendaki juga dapat menyaksikan keindahan Gunung Semeru. Spot wisata ini juga hadir dengan hamparan padang rumput yang berubah warna seiring musim, bisa hijau nan menyegarkan mata saat hujan, namun agak kecokelatan selama kemarau.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ranu Kumbolo

Popularitas Ranu Kumbolo tentu tak dapat diragukan lagi. Destinasi wisata di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini adalah danau air tawar, tepat di kaki Gunung Semeru.

Danau ini biasanya jadi spot yang kerap disinggahi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan. Di area sekitar 15 hektare, para pendaki bermalam mendirikan tennda sembari menikmati pemandangan Ranu Kumbolo.

3. Ranu Regulo

Di kaki Gunung Semeru juga terdapat danau bernama Ranu Regulo yang sayang untuk dilewatkan. Masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), danau ini terletak tak jauh dari Ranu Pani.

Spot wisata ini juga menawarkan keindahan alam yang wajib untuk diabadikan. Selain danau, hijaunya rerumputan membuat paduan panorama terlihat kian apik.

3 dari 3 halaman

Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.