Mengenal Carrier Oil, Konsentrat Minyak Nabati untuk Bantu Atasi Masalah Kulit

Oleh Dinny Mutiah pada 02 Des 2020, 07:02 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 07:02 WIB
Mengenal Carrier Oil, Konsentrat Minyak Nabati untuk Bantu Atasi Masalah Kulit
Perbesar
Ilustrasi carrier oil untuk bantu atasi masalah kulit. (dok. foto Chelsea Shapouri/Unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Beraktivitas lama di dalam rumah selama pandemi bukan berarti tak berpotensi punya masalah kulit. Menurut Dewi Kauw, founder Skin Dewi, banyak pelanggannya yang mengeluhkan kulit mereka makin kering dan kusam meski tak sering terpapar matahari. Lainnya mengeluhkan persoalan maskne, yakni jerawat yang muncul di area yang tertutup masker.

"Mereka banyak yang mempertanyakan sebelumnya enggak pernah jerawatan, tapi kenapa jadi banyak," kata Dewi kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Untuk itulah, ia menawarkan carrier oil sebagai salah satu solusi. Meski sama-sama berbahan nabati, carrier oil berbeda dari essential oil  atau minyak esensial yang lebih populer.

Dikutip dari laman healthline.com, Selasa, 1 Desember 2020, carrier oil biasanya digunakan untuk melarutkan minyak esensial dan 'membawanya' menyerap ke kulit Anda. Itu lantaran minyak esensial bisa menyebabkan iritasi bila diaplikasikan langsung ke permukaan kulit.

Sifatnya juga berbeda. Menurut Dewi, minyak esensial biasanya wangi dan mereka tidak melembapkan. Begitu diteteskan, langsung menguap ke udara. Sementara, carrier oil teksturnya mirip seperti minyak pijat. Isinya konsentrat minyak tanaman. Fungsinya bisa melembabkan kulit karena mengandung asam lemak tinggi.

"Ini bisa ditambahkan ke dalam skin care, atau mau dipakai tunggal juga bisa," ujar Dewi lagi.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Membeli

Mengenal Carrier Oil, Konsentrat Minyak Nabati untuk Bantu Atasi Masalah Kulit
Perbesar
Ilustrasi carrier oil untuk bantu atasi masalah kulit. (dok. foto Priscilla du Preez/Unsplash.com)

Ada banyak pilihan carrier oil yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kulit. Minyak avokad, misalnya, cocok untuk mengatasi masalah kulit kering. Sementara, kondisi kulit berminyak bisa dibantu dengan minyak dari biji anggur atau minyak hazelnut.

"Kalau yang jerawatan bisa coba minyak tamanu. Itu satu tanaman yang warnanya hijau. Dia punya kemampuan pengobatan bagus banget untuk jerawatan dan eksim," terang Dewi.

Menurut healthline.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli carrier oil. Pertama dari bau, beberapa carrier oil memiliki aroma tajam sehingga bisa merusak aroma bila diteteskan ke dalam minyak esensial.

Perhatikan pula daya absorpsinya. Kulit Anda bisa menyerap beberapa carrier oil lebih baik dari yang lain. Sebelum membeli, Anda juga harus memastikan jenis kulit Anda sendiri karena beberapa carrier oil justru bisa mengiritasi kulit atau memperburuk masalah kulit seperti jerawat.

Terakhir, perhatikan pula umur simpannya. Beberapa carrier oil bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, tetapi lainnya bisa cepat rusak bila ditaruh lama-lama.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Infografis Jaga Kebugaran

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓