Masa Tugas Berakhir, Dubes Jepang Cerita soal Makanan Indonesia Favoritnya

Oleh Putu Elmira pada 01 Des 2020, 09:06 WIB
Diperbarui 01 Des 2020, 09:14 WIB
Masafumi Ishii
Perbesar
Duta besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Masafumi Ishii berpamitan setelah masa bertugasnya berakhir. Sebelumnya, Dubes Jepang telah menjalankan tugas selama tiga setengah tahun, tepatnya sejak April 2017 lalu.

Sang Dubes Jepang pun berbagi sepenggal cerita pengalamannya selama di Indonesia. Video pamitan berdurasi lima menit dan 50 detik ini dibagikan Dubes Ishii melalui akun Instagram miliknya pada Senin, 30 November 2020.

"Izinkan saya berterima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran di Pemerintah Republik Indonesia dan masyarakat Indonesia atas kerja sama terkait berbagai hal hingga saat ini," kata Ishii dalam video.

Dubes Jepang Masafumi Ishii
Perbesar
Dubes Jepang untuk indonesia Masafumi Ishii berpamitan setelah masa tugasnya berakhir. Ia juga mengungkapkan cerita soal kuliner Indonesia yang jadi kesukaannnya. (Tangkapan Layar Instagram @jpnambsindonesia/https://www.instagram.com/p/CINFuUNgjq9/)

Ia memulai ceritanya soal kenangan selama bertugas di Indonesia. Ishii menyebut, ia telah menyaksikan keanekaragaman budaya dan masyarakat di Indonesia yang membuat ia sadar bahwa Indonesia adalah negara yang sangat beragam.

"Saya juga menjelajahi daerah lain di luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi dan Kalimantan menikmati keindahan alam dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai suku," tambahnya.

Hal tersebut membuatnya senang dapat belajar lebih banyak tentang keanekaragaman di Indonesia. Selain itu, Ishii juga telah menikmati berbagai kuliner Indonesia yang lezat.

"Tidak hanya nasi goreng dan mi goreng, saya juga menyukai kuliner khas daerah seperti soto banjar dari Kalimantan Selatan," jelasnya.

"Bahan makanan dan cara menyantap makanan dapat berbeda-beda tergantung dengan daerahnya, membuat saya merasakan keragaman khas Indonesia bahkan dalam makanan," kata Dubes Ishii.

2 dari 4 halaman

Berpamitan

Dubes Jepang
Perbesar
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. (dok. Instagram @jpnambsindonesia/https://www.instagram.com/p/CH-ESKbAsfK/)

Di penghujung video, Ishii pun berpamitan. "Terima kasih banyak, sampai jumpa lagi," katanya sambil mencakupkan dan melambaikan tangan.

Sebelumnya, Dubes Ishii sangat dikenal di jagat maya karena ia kerap membagikan makan siangnya. Beragam sajian khas Indonesia telah ia bagikan.

Baru-baru ini, ia juga menjadi sorotan karena mengenakan masker spanduk pecel lele yang dihiasi latar putih dan warna hitam di bagian pinggir. Terdapat gambar ayam, bebek, sampai ikan lele di tengahnya dan keterangan "pecel lele PSBB".

"Masker yang saya kenakan merupakan pemberian dari seorang follower dan jika diperhatikan tertera tulisan "PSBB"," tulis Masafumi.

3 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓