Sukses

Tips Turun Berat Badan 5 Kg dalam Seminggu dengan Diet Jepang

Diet Jepang ini cukup unik karena menganjurkan tidur larut malam agar bisa menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta -  Ada bergaam jenis diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dari beragam macam, salah satunya adalah diet Jepang. Meski belum begitu populer, jenis diet ini diyakini akan banyak digemari.

Makan pisang dan minum air hangat setiap pagi disebut sebagai bagian dari diet Jepang yang diklaim dapat menurunkan berat badan dalam seminggu. Pisang memang termasuk buah yang memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan. Selain itu, pisang juga sangat baik jika ditambahkan ke dalam menu diet Anda.

Dilansir dari laman Healthy Life Tricks, Senin, 30 November 2020, konsumsi pisang setiap pagi diklaim bisa membantu menurunkan berat badan sampai lima kilogram (kg) hanya dalam seminggu.

Metode diet pisang atau diet Jepang ini dipelopori apoteker Sumiko Watanabe dari Osaka untuk suaminya, Hitoshi Watanabe. Uniknya, diet ini bahkan tak memerlukan upaya atau perubahan khusus dalam rutinitas harian Anda.

Pisang mengandung pati resisten yang efektif mempercepat proses penurunan berat badan. Namun, ingat, tidak semua pati itu sama. Pati terbagi jadi dua, yaitu pati yang mudah dicerna dan pati resisten.

Cara melakukan diet Jepang ini pun mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi 1--2 buah pisang dan segelas air hangat setiap pagi untuk sarapan. Kombinasi pisang dan air hangat ini disebut mampu meningkatkan pencernaan dan melembapkan tubuh.

Setelah mengonsumsi pisang dan air hangat setiap pagi, Anda bisa mengonsumsi makanan apapun di siang dan malam hari. Prinsipnya, Anda bisa mengonsumsi makanan apapun sampai 80 persen puas, lalu berhenti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Dihindari

Meski begitu, Anda juga tetap harus memilih makanan rendah kalori di siang dan malam hari. Ada beberapa aturan makan yang bisa dijadikan panduan ketika melakukan diet Jepang ini.

Pada pukul tiga sore, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan dan manis asalkan penting, juga sehat. Kemudian, pada pukul delapan malam, Anda sebaiknya tak mengonsumsi makanan berat atau ringan apa pun.

Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol, serta jus dengan pemanis maupun susu selama melakukan diet Jepang. Aturan lainnya yang cukup unik, Anda justru dianjurkan tidur larut malam.

Alasan utamanya, tidur juga berperan penting dalam proses penurunan berat badan. Namun, sebelum mencoba diet Jepang, sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu ke dokter. 

3 dari 3 halaman

Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.