Sukses

6 Makanan Mengandung Lemak Sehat bagi Anda yang Ingin Turunkan Berat Badan

Lemak kerap dianggap menyebabkan penambahan berat badan. Namun, ada beberapa di antaranya yang justru sangat bermanfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan, seperti makanan olahan hingga makanan manis. Hal itu pula yang sulit membuat berat badan Anda turut hingga pemicu masalah kesehatan.

Dilansir dari laman PinkVilla, Senin, 30 November 2020, kendati demikian, lemak tak selalu buruk bagi tubuh jika masuk kategori lemak sehat. Tak sedikit pula makanan sehat yang mengandung lemak.

Lantas, apa saja makanan mengandung lemak sehat yang dapat Anda konsumsi ketika sedang ingin menurunkan berat badan? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Telur

Karena kandungan kolesterol dan lemaknya, kuning telur kerap dianggap tidak sehat. Tapi, penelitian terbaru justru menyebut kolesterol dalam telur benar-benar tidak memengaruhi kolesterol jahat.

Sebaliknya, telur utuh kaya akan semua vitamin, mineral, protein, dan antioksidan penting. Hal tersebut yang dapat memberi manfaat kesehatan secara keseluruhan.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung serat, lemak sehat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, dan antioksidan. Kandungan itu secara efektif menurunkan tekanan darah dan LDL atau kadar kolesterol jahat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan kalium yang meningkatkan kadar kolesterol HDL. Buah ini juga dapat mengatur kadar kolesterol jahat atau LDL. Anda dapat menambahkannya ke resep salad.

4. Yoghurt penuh lemak

Umumnya, yoghurt rendah lemak dianggap sehat, tapi ternyata sarat kandungan gula. Sebaliknya, pilihlah yoghurt penuh lemak. Ini adalah produk susu berlemak tinggi yang meningkatkan kesehatan usus, pencernaan, bahkan dapat bermanfaat bagi jantung dan obesitas.

3 dari 4 halaman

5. Keju

Keju sangat bergizi dan mengandung semua nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan protein. Keju merupakan produk susu tinggi lemak yang mengurangi risiko diabetes tipe 2.

6. Ikan berlemak

Ikan berlemak, termasuk salmon, sarden ini dianggap sebagai super food karena mengandung asam lemak omega 3. Juga, protein yang baik untuk kesehatan jantung.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.