Sukses

Belajar dari Singapura yang Bagi-Bagi Voucher Diskon Wisata Senilai Rp1 Juta

Voucher SingapoRediscover itu dibagikan kepada warga Singapura yang berusia 18 tahun ke atas untuk membantu sektor pariwisata yang terpuruk akibat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti semua negara lain, sektor pariwisata Singapura juga terpuruk akibat pandemi corona Covid-19. Selama bertahun-tahun, Negeri Singa mengandalkan kunjungan turis asing untuk menggerakkan sektor pariwisata domestik mereka.

Setelah perlintasan ditutup untuk kunjungan wisata, Singapore Tourism Board (STB) mau tak mau beralih ke pasar dalam negeri. Mereka meluncurkan voucher SingapoRediscovers untuk dibagikan kepada warga Singapura berusia 18 tahun ke atas. Masing-masing warga akan mendapat 10 voucher diskon yang totalnya 100 dolar Singapura atau sekitar Rp1 juta.

Dilansir dari The Straits Times, Senin (30/11/2020), Direktur Komunikasi dan Kapabilitas Marketing STB Terence Voon menekankan voucher tersebut dibagikan untuk mendukung bisnis wisata yang terdampak parah akibat Covid-19. Voucher tidak bisa digabung maupun dikombinasi dengan milik anggota keluarga atau teman-teman mereka dalam penukaran yang sama.

"Jadi, kami berharap warga Singapura dapat mendukung sebanyak mungkin bisnis ini," kata Terence.

Penggunaaan voucher oleh masing-masing individu juga untuk mencegah pemalsuan dan penipuan. Voucher tersebut bisa ditukarkan saat membayar tiket atraksi wisata, menginap di hotel, maupun tur. Proses penukaran voucher secara daring berlaku mulai dari 1 Desember 2020 hingga 30 Juni 2021 lewat lima mitra pemesanan yang ditunjuk, yakni Changi Recommends GlobalTix, Klook dan UOB Travel Planners, Traveloka, serta Trip.com.

Terence juga menyatakan akan menyediakan konter khusus untuk membantu konsumen dalam menggunakan voucher SingapoRediscovers. Layanan tersebut tersebar di 53 pusat dan klub komunitas (CCs) yang diisi oleh dua hingga tiga duta voucher SingapoRediscover. Mereka akan menjelaskan tentang dan cara menggunakan voucher tersebut.

Tersedia pula konter pemesanan di sejumlah pusat perbelanjaan dan kantor pos (SingPost). Layanan tersebut bisa memakan waktu hingga setengah jam untuk membantu konsumen secara langsung, tergantung apakah konsumen sudah menentukan destinasi yang akan dikunjungi.

Asosiasi Masyarakat juga akan menyediakan layanan pendaftaran maupun mengatur ulang kata kunci di CCs untuk SingPass, yakni akun pribadi yang bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan yang disediakan pemerintah setempat.

"Kami mengajak warga Singapura untuk datang ke pusat komunitas hanya bila Anda benar-benar membutuhkan panduan secara langsung, dan tolong jangan terburu-buru karena Anda punya banyak waktu untuk menikmati pengalaman berwisata," kata Terence lagi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Khusus bagi Lansia

Minat warga untuk menggunakan voucher tersebut cukup tinggi. Sekitar 10 sampai 15 warga lansia sudah mendatangi pusat komunitas pada Sabtu pagi, 28 November 2020, untuk mempelajari cara penggunaan voucher sembari memesan tiket atraksi wisata.

Chang Ming Wuan (73), misalnya, sengaja pergi dari rumahnya di kawasan Dover Crescent untuk mengunjungi CC karena ingin membiasakan diri dengan proses penukaran voucher tersebut. "Proses pemesanan mudah dan hanya menghabiskan waktu beberapa menit saja," kata pensiunan bidan tersebut.

Ia menggunakan voucher tersebut untuk mengunjungi Taman Kanopi di Jewel Bandara Changi. Ia juga berencana menggunakan beberapa voucher lainnya untuk memesan tur kelong yang buka pada Selasa, 1 Desember 2020, karena sudah lama tak dikunjunginya dalam beberapa tahun terakhir.

"Aku akan mencoba menggunakan semua voucher karena ingin membantu agen tur di Singapura yang tidak bisa dapat uang karena Covid-19," kata Chang.

Skema pembagian voucher tersebut rupanya juga sudah memikirkan cara melayani kebutuhan para lansia. Mitra pemesanan Changi Recommends akan mengirimkan armada yang berputar-putar di Zona Perak, yakni wilayah dengan populasi penduduk lansia yang banyak, untuk menjelaskan cara penggunaan voucher mereka.

Sementara, GlobalTix juga bekerja sama dengan agen travel untuk mengorganisir tur yang ramah bagi lansia. Begitu pula skema lain yang mengikutsertakan SEA Aquarium dan Universal Studios Singapura, tur ke Little India dan Kampong Glam, serta staycations di Hotel Fullerton dan Grand Hyatt Singapura.

3 dari 3 halaman

Infografis Liburan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.