Sukses

5 Alasan Penting Orangtua Mengajarkan Anak untuk Mandiri

Orangtua berperan penting dalam membangun kepribadian anak, termasuk juga soal sikap mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Sikap mandiri anak dapat ditanamkan sedari dini. Tentunya, hal tersebut tidak lepas dari peran dan dukungan orangtua untuk mengarahkan buah hati.

Namun bagi orangtua, langkah tersebut bukannya tak menghadapi tantangan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa sikap mandiri akan membangun rasa percaya diri pada anak.

Lantas, apa saja alasan yang wajib diketahui orangtua soal pentingnya mengajarkan anak-anak untuk mandiri? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Minggu, 29 November 2020 berikut ini.

1. Bangun kepercayaan pada anak

Mengajarkan kemandirian pada anak akan membantu membangun rasa percaya diri setelah belajar mengungkapkan pemikiran mereka. Hal tersebut juga bakal jadi pelajaran penting bagi mereka untuk hidup sendiri dan meraih sukses tanpa bantuan apapun.

2. Membuat anak tangguh

Kegagalan dapat membuat anak belajar untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh dan berupaya melewati masa-masa sulit. Selain itu, anak akan memiliki pikiran yang optimis dan tahu semua hal sulit akan lekas berlalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buat anak pintar

Mencari cara menemukan solusi dalam setiap masalah akan memberikan ragam dampak positif pada anak. Mulai dari meningkatkan kecerdasan emosional, kemampuan kognitif, keterampilan pemecahana masalah, juga menambah perkembangan mental anak.

4. Memberi rasa syukur

Saat anak-anak mulai menjalani kehidupan mandiri, mereka akan lebih menghargai dan mendorong rasa syukur akan berbagai hal. Bersyukur adalah soal berterima kasih karena memiliki kehidupan yang baik.

5. Memberi pengetahuan dan pengalaman

Kemandirian memberi pengalaman yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Naluri ini bergantung pada seberapa baik anak dapat mengelola sendiri tanpa bantuan siapa pun. Hal tersebut akan memberi anak pengetahuan dan pengalaman yang tepat untuk mencapai kesuksesan dan menjalani hidup bahagia.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.