Sukses

6 Fakta Menarik Label Jam Tangan Rolex yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo dari Uang Suap

Jam tangan Rolex yang juga dimiliki Edhy Prabowo termasuk salah satu jam tangan paling akurat di dunia.

Liputan6.com, Jakarta -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap perizinan penetapan ekspor benih lobster atau benur tahun anggaran 2020.

KPK mengungkapkan setidaknya enam merek kelas atas yang diduga dibeli tersangka kasus korupsi izin ekspor benur lobster menggunakan uang suap. Daftar barang mewah tersebut meliputi tas merek Louis Vuitton, tas merek Hermes, jam tangan Rolex, jam Jacob n Co, tas koper Tumi, dan tas koper LV.

Rasanya sudah banyak yang tahu kalau Rolex merupakan salah satu merek jam tangan paling mewah dan mahal di dunia. Kemewahan ini berasal dari penggunaan jenis baja khusus yang tidak digunakan oleh pesaingnya. Penggunaan jenis baja pada jam tangan dikenal dengan kerumitan dan kesusahannya. Itulah yang membuat Rolex terlihat begitu mewah.

Khusus jam tangan yang dibeli Waketum Gerindra tersebut merupakan tipe Yacht Master II. Dikutip dari laman INTime, jam tangan tersebut terinspirasi dari warisan yang kaya yang telah mengikatkan Rolex pada dunia pelayaran sejak 1950-an. Yacht-Master menggunakan teknologi chronograph regatta dengan rangka dan tali jam berbahan emas putih 18 karat dan platinum.

Dalam situs chrono24.com, jam tangan tipe tersebut dihargai 28.600 dolar AS atau setara Rp405 juta. Dengan kata lain, jam tersebut bisa untuk membeli sebuah rumah tipe 36 di pinggiran Jakarta.

Bukan itu saja, masih ada sederet fakta menarik seputar label jam tangan yang juga dimiliki Edhy Prabowo ini. Dilansir dari laman Watchfinder & Co, dan berbagai sumber lainnya, berikut enam fakta menarik jam tangan Rolex.

1. Rolex Pertama Tidak Dibuat di Swiss

Didirikan pada 1905, merek jam tangan mewah satu ini dikenal berasal dari Swiss. Namun, jam tangan Rolex ternyata pertama kali dibuat di Inggris.

Awalnya, perusahaan yang dinamai Wilsdorf and Davis ini merupakan partnership yang berbasis di London. Sejak 1919, bisnis Rolex mulai berpindah ke Swiss karena mengalami tekanan saat perang.

2. Jam tangan paling akurat di dunia

Selain dibuat secara handmade, Rolex juga termasuk salah satu yang terakurat di dunia. Bahkan, pendiri Rolex yaitu Hans Wilsdorf sampai mendapatkan sertifikasi keakuratan jam tangan miliknya.

Pada 1910, Rolex menjadi jam tangan pertama yang mendapatkan Swiss Certificate of Chronometric Precision. Lalu pada 1914, British Kew Observatory juga menghadiahi Rolex dengan sertifikat keakuratan kelas A.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Sempat Mengandung Bahan Berbahaya

Beberapa jam tangan Rolex punyai fitur yang dapat membuatnya terlihat dalam gelap. Untuk itu, Rolex menggunakan cat khusus.Rolex pernah menggunakan cat yang berbahan dasar radium dan merupakan bahan radioaktif yang berbahaya bagi kesehatan.

Pada 1960, mereka berganti menggunakan bahan tritium yang lebih aman, meski masih merupakan radioaktif.Sekarang, Rolex memproduksi cat mereka sendiri yang bernama Chromalight dan jauh lebih aman serta tahan lama.

4. Pernah Dipakai ke Bulan

Meski bukan jam tangan resmi NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat), jam Rolex juga pernah digunakan astronot Edgar Mitchell dalam misi Apollo 14 ke bulan.Edgar Mitchell menggunakan Rolex GMT-Master 1675.

Fotonya saat menggunakan jam Rolex dirilis pada 31 Januari 1971. Bukan itu saja, astronot Edgar Mitchell juga menceritakan bahwa dia menggunakan jam tangan tersebut di bawah baju astronotnya. 

3 dari 4 halaman

5. Jam Tangan Pertama Pakai Fitur Tanggal

Sekarang ini sudah banyak sekali jam tangan analog yang terdapat fitur tanggal. Dan ternyata yang pertama kali menemukan dan menggunakan fitur tersebut adalah Rolex.Model ini mulai diciptakan pada 1945, namanya sangat paten dan terkenal yaitu tipe Rolex Datejust yang artinya date (tanggal).

6. Jam Tangan Termahal

Salah satu varian Rolex, Paul Newman’s Rolex Daytona merupakan salah satu produk jam tangan yang khusus dirancang untuk aktor Paul Newman. Rolex memberikannya hadiah ini saat Newman sedang mengerjakan film Winning pada 1969.

Jam tangan tersebut termasuk paling banyak dicari para kolektor terutama setela Newman wafat pada 2008.Pada 2017, jam tangan ini dijual kembali dengan harga 17,8 dolar AS juta atau sekitar Rp253 miliar dalam sebuah lelang namun tak disebutkan siapa pembelinya.

Daytona Rolex menjadi jam tangan termahal yang pernah dijual.Sebelumnya, rekor jam tangan termahal ini pernah dipegang seorang kronograf kalender abadi Patek Philippe 1943 dengan harga 11 juta dolar AS atau sekitar Rp156,3 miliar. 

4 dari 4 halaman

Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.