Dijuluki Pulau Setan, Ulvsnes Island Siap Dijual Senilai Rp45 Miliar

Oleh Komarudin pada 25 Nov 2020, 09:03 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 16:55 WIB
Ulvsnes Island
Perbesar
Ulvsnes Island, pulau yang dijuluki Pulau Setan yang akan dijual miliaran rupiah (Dok.jamesedition.com)

Liputan6.com, Jakarta - Norwegia terkenal dengan fjord-nya, yang merupakan kantong lautan yang terkurung daratan di tiga sisi. Menurut Aktiv Eiendomsmegling, agen listing, Ulvsnes memiliki pemandangan panorama dari salah satu fjord terkenal, Sørfjorden. Lokasi ini relatif mudah diakses dari Bergen, salah satu kota terbesar di negara ini.

Menurut Insider, Selasa, 24 November 2020, pulau ini memiliki sejarah yang menarik. Selama lebih dari satu abad, dari 1881 hingga 1982, pulau itu berfungsi sebagai sekolah asrama untuk "anak-anak nakal" Norwegia, lalu dijadikan fasilitas pemasyarakatan dengan keamanan rendah.

Pulau pribadi itu dilengkapi dengan 30 bangunan, jalur pendakian, dan lapangan sepak bola. Seluruh pulau yang terletak di fyord Norwegia yang indah dijual seharga 3,2 juta dolar AS atau setara Rp45 miliar. Aktiv Eiendomsmegling memegang listing tersebut.

Disebut Ulvsnes Island, pulau itu pernah dimiliki oleh bangsawan Norwegia sebelum gereja memperolehnya. Menurut Time Out dan Daily Mail, fungsi sekolah asrama ini sebagai fasilitas pembelajaran langsung untuk "anak nakal" membuat Ulvsnes mendapat julukan "Pulau Setan" di antara penduduk setempat.

Menurut legenda setempat, para ibu dulu mengancam akan mengirim anak-anak mereka ke Pulau Setan jika mereka berperilaku buruk. Tidak jelas mengapa bekas sekolah berasrama ditutup untuk dijadikan penjara.

Tapi menurut Time Out, pulau terbilang indah di Norwegia itu kembali berpindah tangan tahun lalu, ketika dibeli oleh seorang yang mengubahnya menjadi lahan pertanian.

2 dari 3 halaman

30 Bangunan

Ilustrasi Norwegia
Perbesar
Ilustrasi Norwegia (Dok.Unsplash/ Mikita Karasiou)

Pulau itu memiliki 30 bangunan dengan luas total tiga ribu meter persegi. Sebanyak 23 hektare hutan yang belum dikembangkan menyelimuti rumah-rumah ini.

Tempat tinggal utama saja seluas hampir dua ribu meter persegi dan memiliki "taman dan jalan setapak yang rimbun". Selain rumah utama yang besar, pulau ini memiliki gudang, bengkel, gudang perahu, rumah kaca, dan bangunan utilitas.

Pulau Ulvsnes juga memiliki jalur hiking, lapangan sepak bola, dan tempat berenang yang menawarkan pemandangan fyord yang indah. Ada juga banyak satwa liar dan tanaman hijau alami.

Pemilik baru pulau itu tidak akan terlalu terisolasi. Bangunan Ulvsnes memiliki banyak fasilitas modern yang sudah disiapkan, seperti pemanas air, pemanas sentral yang dikendalikan Wi-Fi, kamera keamanan, dan isolasi.

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓