Inspirasi Koleksi Para Desainer di JFW 2021, dari Rinaldy Yunardi hingga Jenahara

Oleh Putu Elmira pada 23 Nov 2020, 18:01 WIB
Diperbarui 23 Nov 2020, 18:01 WIB
Jakarta Fashion Week 2021
Perbesar
Maria Karina dan Rizal Rama sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons (Foto: JFW)

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fashion Week (JFW) tahun ini bakal berlangsung secara virtual untuk kali pertama pada 26--29 November 2020. Salah satu gelaran fesyen akbar di Indonesia ini turut mengusung tajuk "Inspiring Creativism".

Menjelang JFW 2021, beberapa desainer membagikan inspirasi dan kisah di balik karya juga koleksi yang akan ditampilkan. Termasuk dua pendiri CottonInk, Ria Sarwono dan Carline Darjanto yang bicara soal koleksi mereka yang mengangkat tema "Self-Love".

"Kita berkolaborasi dengan ilustrator Abenk Alter. Koleksi kali ini it's very special untuk dibawa ke Jakarta Fashion Week," kata Ria Sarwono, Co-Founder and Marketing Director CottonInk dalam konferensi pers virtual JFW 2021, Senin (23/11/2020).

Ria melanjutkan, ini merupakan kolaborasi kedua mereka dengan Abenk Alter. Makna mencintai diri sendiri turut diimplemetasikan dalam ilustrasi perempuan yang tengah memeluk diri sendiri di koleksi kolaborasi ini.

"Walaupun pattern-nya lumayan vibrant karena siluetnya lumayan simpel dan kita mix and match itu sehingga jadi sesuatu yang very fashionable dan juga art," kata Carline Darjanto, Co-Founder and Creative Director CottonInk.

Lalu, desainer Jenahara menyebut 2020 ini jadi momen merefleksi diri dan orang banyak yang berdiam diri di rumah karena pandemi Covid-19. Karena itu, ia pun mengakui jadi lebih sering menonton televisi hingga ragam tontonan di Netflix.

"Untuk koleksi JFW tahun ini karena aku kebanyakan nonton film-film di Netflix, terus lagi sering nonton serial Gossip Girl, The Umbrella Academy, jadi terinspirasi sama uniform-uniform gitu," jelasnya.

Inspirasi ini pun membuat Jenahara terpikir untuk menghadirkan koleksi uniform, seperti uniform klasik. "Akhirnya tercetus ide dan konsepnya "Academia" ini. Kalau misalnya dilihat koleksinya lebih ke blazer," tambah Jenahara soal koleksi yang akan ia tampilkan di JFW 2021.

2 dari 3 halaman

Rani Hatta hingga Rinaldy Yunardi

Refounders Rinaldy Yunardi
Perbesar
Refounders Rinaldy Yunardi

Desainer Rinaldy Yunardi juga bakal ambil bagian menampilkan koleksinya di JFW 2021. Tahun ini merupakan momen spesial baginya karena jadi perayaan 25 tahun berkarya.

"Rinaldy Yunardi tidak bisa mengadakan pameran tunggal di 25 tahun tapi saya bisa memberikan karya saya ini di Refounders dan sepatunya sneakers," kata Rinaldy.

Ko Yung Yung, begitu ia akrab disapa, menyebut selama ini ia hanya mendekorasi sepatu merek lain. Ia pun tergerak memiliki sepatu sendiri dan keinginan itu terwujud lewat Refounders by Rinaldy.

"Saya terus berpikir, berkarya, berimajinasi dari situ tepat di Jakarta Fashion Week di 2021 ini dan mengeluarkan koleksi terbaru di Refounders," lanjutnya.

Sementara, desainer Rani Hatta di Spring/Summer 2021 ini mengambil tema dari desert soldier. "Jadi emang nanti itu banyak blazer dengan kantong-kantong. Untuk look-nya sendiri ada 12 look," jelasnya.

Lalu, Creative Director SOE Jakarta Monique Soeriaatmadja menyebut selama pandemi tak sedikit orang yang lebih banyak di rumah dan mencoba lebih aktif, dan berolahraga agar sistem imun tinggi. Hal itu pula yang ia coba implementasikan di koleksinya.

"Kami menggunakan banyak technical fabric tapi yang biasa dipakai oleh activewear jadi yang banyak dipakai untuk baju-baju olahraga, kayak bahan drifit atau mesh, tapi kita gabungkan dengan kain tenun supaya tetap dengan DNA SOE Jakarta," kata Monique.

Warna dari koleksi ini juga masih banyak dengan sentuhan earth tone yang menjadi ciri khas SOE Jakarta. "Untuk season ini juga pakai kain dengan pewarna alam dari indigo warna muda banget, daun krangkungan, agak keabu-abuan, jolawe, dan dari mahoni," tambahnya.

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓